telkomsel halo

Project Loon Tak Harus Libatkan Banyak Operator

05:42:08 | 03 Feb 2016
Project Loon Tak Harus Libatkan Banyak Operator
Nonot Harsono (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Rencana uji coba teknis penyediaan akses internet melalui balon atau dikenal dengan Project Loon pada kuartal pertama tahun ini disarankan tak melibatkan banyak operator.

“Tak usah tiga operator korbankan jaringan untuk Project Loon. Satu operator saja sudah cukup,” saran Chairman Mastel Institute, Nonot Harsono kepada IndoTelko, kemarin.

Menurutnya, idealnya uji coba teknis tersebut jika memang akan dilakukan tak melibatkan operator yang memiliki BTS lumayan banyak.

“Rasanya aneh saja nanti ada operator terpaksa mematikan BTS demi Balon Loon. Kalau benar komersial, itu tambah aneh, namanya downgrade dari BTS ke Balon BTS,” katanya.

Ketua Bidang Humas Mastel Teguh Prasetya menyarankan pemerintah menyiapkan security audit untuk balon milik Google guna mengantisipasi tahapan selanjutnya setelah uji teknis yakni komersialisasi.

“Kalau masuk tahapan komersial itu harus jelas aturan mainnya. Terus itu harus dibereskan isu Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Soalnya yang diberikan adalah 4G,” katanya.

Sekadar informasi, Google pada penghujung Oktober 2015 telah menggandeng Telkomsel, Indosat, dan XL untuk menggelar  uji coba teknis Project Loon di kawasan Timur Indonesia.(Baca juga: Project Loon Diragukan)

Nantinya, uji coba teknis tersebut akan melibatkan jumlah balon lumayan besar dan berlangsung setahun penuh sejak awal 2016. Ada lima titik yang akan jadi lokasi uji coba, antara lain di atas kepulauan Sumatera, Kalimantan, dan Papua Timur.

Balon Google nantinya akan terbang dan bergerak mengelilingi Indonesia di atas ketinggian 20 kilometer dengan radius pancaran sinyal 40 kilometer. Akses yang diberikan adalah 4G LTE dengan memanfaatkan frekuensi 900 MHz. (Baca juga: Project Loon Diuji coba)

Balon ini diperkirakan bisa terbang selama 150 hari di angkasa dan dikalkulasi untuk Indonesia dibutuhkan sekitar 6.000 balon melayani pulau-pulau terpencil. (Baca juga: Sinyal Project Loon)

Tiga operator kabarnya masih memiliki komitmen untuk menjalankan uji teknis dan tengah melakukan diskusi internal untuk menggelar kegiatan tersebut.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year