telkomsel halo

XL Sediakan Aplikasi untuk Program Layak Anak

09:27:54 | 18 Dec 2015
XL Sediakan Aplikasi untuk Program Layak Anak
Seremoni peluncuran aplikasi Layak Anak (dok)
YOGYAKARTA (IndoTelko)  - PT XL Axiata Tbk (XL) mendukung program Kota Layak Anak dengan meluncurkan website dan aplikasi Layak Anak di Yogyakarta, Selasa (15/12).

“Visi XL sangat jelas, yaitu kami membangun layanan ini sebagai wujud dari komitmen kami membantu masyarakat dalam usaha mengatasi berbagai permasalahan sosial melalui teknologi digital, dalam hal ini wanita dan anak anak. Kami sangat mendukung ajakan Pemkot Yogyakarta untuk mengimplementasikan program Kota Layak Anak sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat,” kata Direktur Digital Services XL Axiata Ongki Kurniawan dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menambahkan Kota Yogyakarta sendiri memang memiliki visi untuk menjadi kota yang layak anak. Usaha untuk itu telah mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak sejak 2009 dari Kementerian‎ Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Tahun ini, penghargaan tersebut berhasil dipertahankan. Dengan implementasi sarana digital Layak Anak ini, maka akan semakin kukuh predikat Kota Yogyakarta sebagai kota yang ramah untuk ditinggali dan tempat pendidikan anak-anak. Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan Kota Yogyakarta berencana menambah 21 kampung ramah anak pada tahun ini sehingga jumlahnya menjadi 136 kampung hingga akhir tahun,” katanya.

Layanan bernama “Layak Anak” hadir  format website www.layakanak.org dan aplikasi dengan nama yang sama. Masyarakat Yogyakarta bisa mengunduh aplikasi ini melalui playstore.

Pada kedua sarana digital buah kerjasama antara XL dengan STIMIK AMIKOM Yogyakarta ini, terdapat sejumlah fitur, antara lain adalah informasi mengenai keberadaan kampung ramah anak, agenda pokok dan rutin menjamin kesehatan anak, statistik layak anak, serta berita seputar layak anak.

Pada fitur informasi Kampung Ramah Anak (KRA), masyarakat akan bisa mengetahui di mana saja kampung-kampung ramah anak berada. Dengan informasi ini, maka masyarakat bisa saling mengenal, bertukar pengetahuan dan pengalaman, sehingga bisa saling bantu dalam mengembangkan KRA.

KRA itu sendiri adalah pembangunan yang berbasis dari RW, yang menyatukan komitmen dan sumberdaya lokal, masyarakat dan dunia usaha yang berada di lingkungan setempat, dalam rangka menghormati, menjamin, dan memenuhi hak anak, melindungi anak dari tindak kekerasan, eksploitasi, pelecehan dan diskriminasi, dan mendengar pendapat anak, yang direncanakan secara sadar, menyeluruh dan berkelanjutan.

Sementara itu pada fitur agenda kesehatan anak, masyarakat terutama para orang tua anak, bisa mengatur agenda rutin dan pokok guna menjamin kesehatan putra-putrinya.

Misalnya antara lain jadwal berkunjung ke Posyandu, suntik Campak, BATITA, dan periksa gigi. Pada bagian informasi berita, masyarakat bisa menyimak berita-berita terbaru mengenai tema anak dan wanita.

Layanan yang akan mempermudah masyarakat mendapatkan informasi mengenai anak dan wanita  ini disiapkan oleh AMIKOM dan XL selama kurang lebih 8 bulan. Semua isi yang ada di website maupun aplikasi tersebut merupakan hasil kerjasama antara XL, Pemkot, dan PKK Yogyakarta, yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Program XL XmartCity Yogyakarta merupakan program solusi digital yang terintegrasi untuk ikut membantu memecahkan berbagai masalah sosial perkotaan seperti urbanisasi, transportasi, dan kesehatan.

XL dan Pemkot Yogyakarta berkerjasama secara erat untuk membuat layanan aplikasi informasi yang akurat dan up to date yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Sebelumnya, XL juga telah mengimplementasikan layanan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan dengan menggunakan sarana e-money XL Tunai.

Selain itu juga ada kerjasama dalam sharing pengetahuan Digital baik dengan  wanita Yogyakarta maupun dengan Generasi Muda Selain di Yogyakarta, XL juga menyelenggarakan Program XmartCity di Lombok dan Balikpapan.

Di Lombok XL antara lain membantu Pemda Provinsi NTB mengimplementasikan e-money XL Tunai sebagai saranan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Sementara itu di Balikpapan, XL membangun aplikasi digital untuk reservasi rumah sakit, serta juga mengimplementasikan pemanfaatan XL Tunai untuk sarana membayar uji (kir) kendaraan.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year