telkomsel halo

Telkom dan XL Sajikan Duel Panas di Smart City

12:36:54 | 13 Nov 2015
Telkom dan XL Sajikan Duel Panas di Smart City
Ongki Kurniawan (kiri) kala menjajal layanan smart city dari XL di Balikpapan (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Duel panas yang melibatkan dua operator papan atas kembali terjadi di segmen smart city. Kali ini pelakunya adalah XL Axiata dan Telkom.  

XL baru saja mengumumkan kerjasama dengan Pemerintah Kota Balikpapan untuk layanan smart city, menyusul aksi Telkom beberapa bulan lalu yang akan mendukung Pariaman menjadi Kota Cerdas. (baca juga: Telkom Dukung Pariaman menjadi Smart City)

“Program kerjasama yang sudah siap implementasi ditujukan untuk warga Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, berupa aplikasi digital untuk reservasi rumah sakit, pembayaran uji kir kendaraan bermotor dengan uang elektronik, dukungan promosi untuk pelaku UKM, serta website untuk panti asuhan/rumah yatim,” ungkap  Direktur Digital Service XL, Ongki Kurniawan dalam rilisnya, kemarin.

Menurut Urang Awak ini, dukungan XL untuk masyarakat Kota Balikpapan berdasarkan konsep Sustainable Development Goals dari PBB, yaitu dengan menerapkan 5 dari 17 sasaran. Kelimanya adalah dukungan pada sarana kesehatan, pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, inovasi, infrastruktur, serta program pemberdayaan komunitas masyarakat secara berkelanjutan.

“Insya Allah ke depannya, melalui konsep baru XL ini, Balikpapan siap menjadi salah satu XmartCity yang berXtandar dunia,” katanya.

XL akan melebarkan layanan di smart city ke Jembrana, dan Pekalongan.  Saat ini, XL sangat aktif membantu Pemerintah Kota Yogyakarta dan Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat untuk pengembangan kota pintar di daerah masing-masing.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year