telkomsel halo

4G LTE Bisa Wujudkan Jakarta menjadi Smart City

08:43:22 | 14 Okt 2015
4G LTE Bisa Wujudkan Jakarta menjadi Smart City
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara optimistis masuknya 4G LTE di Jakarta pada akhir tahun ini bisa menjadikan Ibukota sebagai smart city.

“Refarming frekuensi 1.800 MHz selesai pada November nanti, Desember sudah ada real 4G di Jakarta. Ini bisa mendorong smart city di Jakarta,” ungkap Pria yang akrab disapa RA itu, kemarin.

Ditambahkannya, salah satu contoh 4G LTE bisa mendukung Jakarta sebagai Smart City adalah konekstifitasnya bisa membuat pemasangan CCTV untuk memantau kondisi Ibukota menjadi moncer.

“Ada rencana Pemprov DKI Jakarta pasang CCTV di tempat-tempat umum seperti taman, dan bisa dikoneksikan menggunakan layanan telekomunikasi, khususnya 4G 1.800 MHz. Selain itu koneksi cepat juga bisa mendukung aplikasi yang dikembangkan Pemrov seperti iJakarta,” katanya.

iJakarta adalah aplikasi perpustakaan digital pertama di Indonesia dimana masyarakat bisa meminjam buku yang dimiliki Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI dalam bentuk digital.

iJakarta dilengkapi dengan e-book reader. Selain itu, ada pula fitur media sosial untuk membicarakan buku yang sedang banyak dibaca. Aplikasi ini dapat diakses melalui smartphone dengan platform Android, iOS, dan Windows. Aplikasi ini merupakan hasil kerja sama antara BPAD DKI dan PT Woolu Aksara Maya.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year