telkomsel halo

Kemenperin Dekati Apple

09:56:42 | 02 Jun 2015
Kemenperin Dekati Apple
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) –  Kementerian Perindustrian dikabarkan tengah mendekati Apple Inc untuk membahas peluang perusahaan asal Amerika Serikat itu berinvestasi di Indonesia.

Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kementerian Perindustrian Ignatius Warsito mengungkapkan pertemuan akan berlangsung di Singapura, Selasa (2/6). "Kami akan membahas langkah-langkah Apple untuk saling melengkapi," ujar Warsito, kemarin.

Dalam pertemuan itu, Warsito mendampingi Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian Putu Suryawirawan.

Dalam catatan, di  Singapura mulai 2 Juni – 6 Juni 2015 tengah dihelat Pameran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) CommunicAsia.

Industri perangkat di Tanah Air tengah menunggu keluarnya Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Permenkominfo) tentang Persyaratan Teknis Alat dan Perangkat Telekomunikasi Berbasis Standar Teknologi LTE.

Dalam aturan ini akan mengatur Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang wajib dipenuhi oleh perangkat, yaitu: paling rendah 30% untuk Base Station dan paling rendah 20% untuk Subscriber Station.  

Dalam waktu dua tahun sejak Peraturan Menteri itu mulai berlaku, TKDN dimaksudkan ditingkatkan menjadi paling rendah 40% untuk Base Station dan paling rendah 30%  untuk Subscriber  Station. (Baca juga: Permen TKDN masih Digoyang)

Apple kabarnya salah satu vendor yang belum ada sinyal berinvestasi di Indonesia, tetapi pemerintah memberikan kelonggaran dengan tidak akan melakukan pelarangan penjualan kedua merek tersebut. Namun, diberikan solusi dengan perhitungan TKDN.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year