telkomsel halo

ZTE Tengah Siapkan AliveShare

13:19:38 | 29 Mar 2015
ZTE Tengah Siapkan AliveShare
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko)  - ZTE Corporation (ZTE)  akan membenamkan fitur yang ditujukan untuk produktivitas offline, yaitu AliveShare dalam smartphone terbarunya yang akan segera diluncurkan di Indonesia.

AliveShare adalah aplikasi dengan fitur-fitur yang dikembangkan oleh ZTE, dan didasarkan pada teknologi Wi-Fi Direct untuk melakukan transfer berbagai jenis data antar perangkat yang berbeda dengan kecepatan tinggi dan tidak membutuhkan jaringan selular serta data.

Karena kondisi lalu lintas jaringan, kotak masuk email yang biasanya membutuhkan koneksi internet terkadang bisa melambat.

Aplikasi transfer file melalui Wi-Fi dan Bluetooth konvensional mengharuskan penggunanya memahami berbagai hal teknis mengenai Wi-Fi terlebih dahulu (misal: kode pairing, IP address, dan sebagainya), sehingga menyulitkan.

Hal ini membuat ZTE berpikir bahwa seharusnya ada cara yang lebih mudah bagi pengguna umum untuk saling berbagi file dalam jarak pendek tanpa memakan kuota data.

Berkat teknologi nirkabel terbaru, kecepatan AliveShare bisa mencapai 40 kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan Bluetooth. Sebagai contoh, bila menggunakan Bluetooth, satu file lagu format mp3 yang berkisar 5-10MB mampu dikirim dalam hitungan menit, tapi bila menggunakan AliveShare, hanya membutuhkan satu detik.

AliveShare juga memungkinkan pertukaran pesan singkat dengan pengguna lain, atau dengan sekelompok pengguna AliveShare tanpa ada sinyal 3G maupun 4G, yang bisa sangat berguna bila digunakan di daerah pedesaan contohnya, atau di ruang kantor, di mana penggunaan perangkat seluler dan data sangat dibatasi.

“Manusia di jaman modern ini semakin tidak bisa lepas dari perangkat mobile. Tapi ketika lalu lintas data tidak lancar, entah karena jangkauan sinyal seluler maupun hal lain, komunikasi bisa terganggu dan berdampak pada turunnya kreatifitas serta produktivitas. Karena itu, kami menghadirkan fitur AliveShare,” ujar Managing Director of ZTE Handset Business Unit Indonesia Fritz Wang.

Awalnya, versi perdana AliveShare diujicobakan sebagai fitur pada perangkat ponsel untuk operator China Telecom. Hanya dalam satu bulan, aplikasi itu digunakan oleh lebih dari 100,000 pengguna, dan terus meningkat.

ZTE selama 2014 membukukan keuntungan US$ 424,4 juta naik 94% dibandingkan 2013. Sedangkan pendapatan operasi di 2014 sebesar US$ 13,1 miliar.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year