telkomsel halo

Smart City Mau Sukses? Ini Kata Rudiantara

11:09:25 | 25 Mar 2015
Smart City Mau Sukses? Ini Kata Rudiantara
Rudiantara (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) — Maraknya adopsi smart city atau kota cerdas oleh pemerintah-pemerintah daerah membuat Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara  angkat bicara.

“Smart City itu salah satu esensi paling dasarnya adalah infrastruktur telekomunikasi. Di atas infrastruktur itulah aplikasi-aplikasi mendukung smart city berjalan. Nah, kalau Smart City mau sukses di satu kota, kuncinya berikan jalan bagi infrastruktur telekomunikasi,” ungkap Pria yang akrab disapa RA itu usai menghadiri diskusi IndoTelko Forum, kemarin.

Diungkapkannya, saat ini masih banyak pemerintah daerah melihat infrastruktur telekomunikasi sebagai sumber pendapatan asli daerah.

“Sekarang itu operator sudah gelar serat optik untuk mendukung kecepatan data, tetapi susah untuk masuk ke high rise buliding. Jadi, serat optik itu lewat saja, tak masuk gedung. Kalau begitu, bagaimana ada internet cepat,” katanya.

Diharapkannya, pemerintah di daerah mau mengeluarkan insentif bagi akses infrastruktur operator hingga ke tataran akses, begitu juga para pemilik properti. “Sekarang ini ada tren, kalau sudah ada satu operator masuk gedung tinggi, pemain lain tak boleh masuk. Padahal, kalau koneksinya putus kan rugi juga pengguna,” paparnya.

Sebelumnya,  Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meresmikan  Indeks Kota Cerdas Indonesia 2015 yang bertujuan menilai dan mengapresiasi sejumlah kota di Indonesia yang telah menerapkan konsep tersebut.

Menurut Wapres, sejumlah kriteria minimum sebuah kehidupan kota bisa dikatakan nyaman apabila terdapat ruang hijau terbuka, sistem transportasi yang memadai, tempat tinggal yang nyaman serta lingkungan yang aman dan bersahabat.

Terdapat delapan atribut yang akan diterapkan dalam konsep smart city  di kota dan kabupaten Indonesia. Delapan atribut tersebut nantinya dapat menjadi indikator untuk melihat suksesnya implementasi smart city yang dicanangkan.

Delapan indikator dalam konsep smart city tersebut, antara lain smart development planning, smart green open space, smart transportation, smart waste management, smart water management, smart building, dan smart energy.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year