telkomsel halo

Rupiah Masih Terdepresiasi, Penjualan Komputer Terus Lesu

10:47:54 | 03 Feb 2015
Rupiah Masih Terdepresiasi, Penjualan Komputer Terus Lesu
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Terus terdepresiasinya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS menjadikan penjualan komputer ikut lesu di awal 2015.

“Rupiah terus terdepresiasi, ini menganggu penjualan penjualan komputer di awal tahun. Kita harap pemerintah  bisa menstabilkan nilai tukar rupiah terhadap dolar agar pasa rlebih bergairah,” ungkap  Pejabat sementara Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Rudi Rusdiah, kemarin.

Diungkapkannya, penjualan komputer di awal 2015 ini juga tertekan oleh naiknya pamor smartphone dan komputer tablet.

"Sekarang penjualan komputer lebih banyak untuk server maupun usaha. Tidak seperti dulu lagi, yang mana setiap rumah punya komputer. Sebagian besar pembeli dari komputer juga dari perusahaan bukan dari perorangan,” katanya.

Ditambahkannya, penjualan komputer mengalami penurunan sebesar 34% sejak dua tahun terakhir. Kondisi tersebut berbeda dengan penjualan ponsel cerdas yang meningkat pesat yakni naik 59%.    

Sebelumnya, International Data Corporation (IDC) memprediksi jumlah komputer tablet yang akan masuk Indonesia akan mencapai angka 6,1 juta unit pada 2015. Angka tersebut tumbuh 19,1% jika dibandingkan data tahun lalu. Sementara komputer pribadi, menurut IDC, sebanyak 4,34 juta unit atau meningkat 2,3% dari tahun sebelumnya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year