telkomsel halo

XL Bantu Yogyakarta menjadi Smart City

15:28:10 | 22 Dec 2014
XL Bantu Yogyakarta menjadi Smart City
Suasana kerjasama Xmart City XL (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - PT XL Axiata Tbk (XL) mendukung upaya Yogyakarta menerapkan konsep smart city dengan menawarkan program solusi digital terintegrasi untuk memecahkan masalah-masalah perkotaan seperti antara lain urbanisasi, transportasi, dan kesehatan.

“Kami menyambut baik terwujudkan kerjasama dengan Pemkot Yogyakarta ini. Kita harapkan program XL Xmart City turut membantu mengatasi berbagai permasalahan publik melalui teknologi digital," kata VP Central Region XL, Bambang Parikesit  dalam rilisnya, Senin (22/12).

Dijelaskannya, solusi digital ini diaplikasikan dalam sejumlah layanan antara lain less cash XL Tunai‎ untuk transaksi perbankan, aplikasi listrik pintar dua arah SIMPLY, pembayaran PBB melalui solusi VPN, serta belanja online Elevania dan Usahawan‎. Selanjutnya juga ada akses solusi kesehatan melalui komputasi awan Xcloud Solution, serta jaringan CCTV melalui Video Xurveilance.

Act Chief Digital Services XL Axiata Yessie D Yosetya menyatakan perseroan siap dilibatkan dalam perencanaan kota, baik jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. Tidak ketinggalan, untuk XL juga akan memaksimalkan kualitas jaringan 3G di seluruh kota. Bahkan, dalam waktu dekat, XL juga akan menggelar jaringan 4G-LTE.

"Ini artinya selain memecahkan masalah perkotaan secara terintegrasi, XL Xmart City juga akan berkontribusi menjadikan Yogyakarta sebagai salah satu Kota Pintar di dunia," imbuhnya.

XL juga akan secara aktif mengenalkan konsep XL Xmart City ke berbagai kalangan, termasuk perguruan tinggi, bisnis, juga komunitas UKM serta aktif mengadakan forum diskusi dan kegiatan  bersama komunitas anak muda untuk mendapatkan masukan tentang konsep kota yang mereka inginkan. ‎

Selain itu XL juga akan ikut mendorong berkembangnya industri kreatif, termasuk pengembang konten dan aplikasi mobile. Saat ini  sekitar 2 juta pelanggan di wilayah kota Yogyakarta dilayani oleh 200 BTS.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year