telkomsel halo

eII Forum ungkap 7 Masalah TIK yang Harus Diperhatikan

22:42:15 | 17 Dec 2014
eII Forum ungkap 7 Masalah TIK yang Harus Diperhatikan
Suhono Harso Supangkat (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Organisasi e-Indonesia Initiatives Forum (eII Forum) yang dikomandani Suhono Harso Supangkat mengungkapkan tujuh masalah terkait Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) yang harus diperhatikan pada 2015.

“Bicara lima tahun kedepan, tujuh masalah ini harus menjadi hal yangdikonsederasi semua pihak di TIK,” ungkap Suhono kala membuka Diskusi ICT Outlook 2015, di Jakarta, Rabu (17/12).

Tujuh hal yang menjadi sorotan eII Forum adalah   Pemerataan dan Peningkatan Kualitas akses Pita Lebar. Didalam ini termasuk pemanfaatan  4G dan  Rencana Pita Lebar Indonesia.

Kedua Efektifitas, Keamanan,Kecepatan dan Kecerdasan (server) dan sistem layanan di Data Center dan Cloud Computing.
Ketiga, penggunaan  perangkat berbasis Internet protocol (IP) seperti Internet of Things dan Machine to Machine (M2M). Keempat, implementasi  e-government, smart city, smart Maritime dan lainnya.

Kelima  peningkatan Kapasitas Industri dalam negeri dari sisi konten Kreatif, perangkat dan sistem . Keenam,  Pengembangan SDM, terakhir,  kedaulatan TIK dalam kenegaraan.

“Kami selama 10 kali melakukan kegiatan eII Forum telah  menghasilkan C-gen, Garuda Smart City Maturity Model dan smart city platform.  Garuda Smart City Maturity Model adalah model pengukuran tingkat Kematangan menuju smart city sudah dipakai untuk mengukur 9 kota. Banyak hal yang terus kami lakukan mengacu pada tujuh maslaah utama itu,” katanya.

Diharapkannya, ke depan ada standarisasi nasional tentang  smart city nasional, begitu juga di IoT. “Smart City sekarang menjadi tren, saya rasa harus ada standarisasi mulai dari hubungan antara komponen pendukung smart city, M2M, IOT, dan aplikasi ke platform,” tegasnya.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year