telkomsel halo

Tender Palapa Ring II Dipastikan Molor

10:41:40 | 23 Sep 2014
Tender Palapa Ring II Dipastikan Molor
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Tender pembangunan serat optik Palapa Ring II dipastikan molor ke 2015 karena segera berakhirnya masa jabatan Tifatul Sembiring sebagai Menkominfo.

“Kita tak bisa gelar tender tahun ini karena  terlalu riskan untuk menggelar proyek strategis dalam sisa waktu yang ada. Menteri memang sudah dilarang untuk mengeluarkan kebijakan strategis dalam sisa waktu ini," ungkap Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Kallamullah Ramli, kemarin.

Dijelaskannya, saat ini pemerintah masih mempersiapkan spesifikasi teknis untuk tender tersebut Rencananya, tender ini nantinya akan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah tender pembangunan, sedangkan tender kedua adalah tender pengoperasian.

Tender pembangunan untuk mencari pemenang pembangunan serat optik sepanjang 8.395 KM, sedangkan tender kedua untuk menentukan operator pasca terselesaikannya serat optik tersebut.

Sebelumnya, tender konstruksi Palapa Ring ditargetkan terlaksana pada Juni-Juli 2014, tender operasional pada 2015, dan rampung pada 2016.

Kaji USO
Lebih lanjut Pria yang akrab disapa Mulli ini mengungkapkan, selain menyiapkan tender Palapa Ring II, pemerintah juga tengah mengkaji ulang program-program universal service obligation (USO).

“Kami sedang mengumpulkan masukan dari semua pemangku kepentingan seperti operator telekomunikasi dan pemerintah daerah,” katanya.

Tifatul sendiri mengakui proyek Palapa Ring merupakan salah satu infrastruktur penting yang harus dimiliki Indonesia. "Memang masih banyak yang mengeluh soal kecepatan internet dan membandingkan Indonesia dengan Singapura. Tapi fokus kami adalah pemerataan akses," ujarnya.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year