telkomsel halo

Pemerintah Perkuat Infrastruktur Internet

16:51:11 | 29 Dec 2013
Pemerintah Perkuat Infrastruktur Internet
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) - Pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sepanjang 2013  berhasil memperkuat infrastruktur internet di daerah-daerah guna pemerataan akses informasi ke  masyarakat.

Menkominfo Tifatul Sembiring mengungkapkan, kementriannya hingga Desember 2013 telah membangun sebanyak 32.208 SSL untuk desa di wilayah non komersial yang dilayani akses telekomunikasi. Angka itu dari 33.184 desa dari total 72.800 desa di Indonesia.

Selain itu juga telah dibangun sebanyak 1.857 Mobile Pusat Layanan Internet Kecamatan (M-PLIK), 5.956 Pembangunan Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) dan 1.222 PLIK di sentra-sentra produktif.

"Kami juga menaikkan status desa berdering menjadi desa  Pinter sebanyak 1.330 SLL," katanya, kemarin.

Ditambahkannya, pemerintah juga telah membangun National Internet Exchange (NIX) di 33 provinsi.NIX adalah sebuah Internet Exchange Point (IEP) sebagai sistem jaringan gateway yang rencananya dipasang di 33 provinsi se-Indonesia

Tender NIX Tahap 1 dimenangi oleh Moratel, CNI, Telkom, dan Satnet. Sedangkan tujuh perusahaan memenangi tender NIX tahap II, yakni PT Inerkoneksi Internet Indonesia, PT Mora Telematika Indonesia, PT Comradindo Lintasnusa Perkasa, PT Multidata Rancana Prima, PT Patra Telekomunikasi, PT Blue Water Indonesia, PT Tanggara Mitrakom.

Pemerintah juga berhasil menambah International Internet Echange (IIX) di 4 provinsi. Berikutnya, membangun 533 PoP sebagai wujud penyediaan jasa akses publik layanan internet WIFI Kabupaten serta pembangunan 287 BTS sebagai wujud penyediaan jasa akses telekomunikasi dan informatika di daerah perbatasan dan pulau terluar.

Sebelumnya, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memperkirakan, pengguna internet di Indonesia tumbuh sebesar 20-30% tahun ini menjadi 80 juta pelanggan.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year