telkomsel halo

Len Berhasil Produksi eNodeB

09:49:18 | 22 Okt 2013
Len Berhasil Produksi eNodeB
Ilustrasi (DOK)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko)  -PT Len Industri (LEN) berhasil memproduksi BTS untuk teknologi Long Term Evolution (LTE) atau eNodeB bekerja sama dengan Cavium.

"Kami gandeng  Cavium untuk produk eNodeB  LTE. Kita sudha lakukan ujicoba pada 17 Oktober lalu,” ungkap Direktur Utama Len Industri Abraham Mosse, belum lama ini.

Sebelumnya Len telah mengembangkan produk telekomunikasi Wimax yang diberi nama LenMax. Hingga akhirnya pengembangan terus dilakukan mengembangkan produk eNodeB.
 
Dalam uji coba produk tersebut dilakukan pengujian pada dua band frekwensi, yaitu 700 mHz dan 1.800 mHz, lebar pita yang digunakan adalah 10 mHz.

Demo ini menggunakan dua unit eNodeB 700 mHz dan 1.800 mHz berjenis MicroCell indoor dengan radius maksimum 300 m dan kapasitas terbesar saat ini 128 UE (User Equipment) uji coba dilakukan menggunakan 17 UE (User Equipment) yang dijalankan secara bersamaan.

"Pada saat demo, diperoleh kecepatan download total 70 mbps dan kecepatan upload total hingga 20 mbps. Produk ini  menjadi  eNodeB pertama buatan dalam negeri. Kita harapkan produk ini bisa memenuhi kebutuhan pasar operator 4GLTE di dalam negeri," katanya.

Sebelumnya, pemerintah menjanjikan pada akhir tahun ini regulasi terkait peluang bisnis LTE akan dikeluarkan dan salah satu yang diatur kabarnya terkait Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) di sisi perangkat eNodeB.(ak)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year