telkomsel halo

Peringkat IDI Indonesia Stagnan

08:32:24 | 10 Okt 2013
Peringkat IDI Indonesia Stagnan
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Peringkat Indonesia dalam posisi stagnan alias tak bergeser di  peringkat 79 dunia ICT Development Index (IDI) 2012 yang dilakukan  International Telecommunication Union (ITU).

IDI adalah indeks gabungan yang dihitung berdasarkan 11 indikator yang terbagi menjadi tiga kategori yakni akses ICT (information and communication technology), penggunaan ICT dan keterampilan ICT. Indeks ini kali pertama diperkenalkan ITU pada 2008 dan dirilis hasilnya pada 2009 melalui laporan berjudul Measuring the Information Society.

Tujuan utama dari pengukuran itu adalah untuk mengetahui sejauhmana perkembangan ICT di suatu negara, mengukur kesenjangan digital dan menemukan potensi pengembangan sektor ICT.

Indikator dalam akses ICT meliputi jumlah subskripsi telepon tetap per 100 penduduk, jumlah subskripsi layanan telepon seluler per 100 penduduk, bandwidth Internet internasional per pengguna, persentase kepemilikan komputer oleh rumah tangga dan persentase ketersediaan akses Internet oleh rumah tangga.

Penggunaan ICT diukur dari tiga indikator yakni persentase individu yang menggunakan Internet, subskripsi fixed broadband per 100 penduduk dan subskripsi broadband nirkabel per 100 penduduk.

Adapun keterampilan ICT diukur dari tingkat literasi penduduk dewasa, rasio gross enrolment sekunder dan rasio gross enrolment tersier.
Posisi Indonesia  kalah jauh dibandingkan dengan Korea yang menempati puncak daftar terbaik dunia maupun regional.

Korea mampu mencapai IDI sebesar 8,51 pada 2011 dan naik menjadi 8,57 pada 2012. Pencapaian itu menempatkan mereka di peringkat teratas dunia selama 2 tahun berturut-turut. Adapun IDI yang dicapai Indonesia pada 2011 tercatat sebesar 3,14, naik menjadi 3,34 pada 2012. Indonesia  berada di posisi 17 untuk pengukuran di regional Asia Pasifik.

Posisi Indonesia  kalah jauh  dibandingkan dengan Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia bahkan Vietnam yang mencapai IDI sebesar 3,80 pada 2012.
Indonesia  setingkat di bawah Thailand untuk pengukuran IDI di tingkat Asia Pasifik. Thailand mampu mencatatkan IDI sebesar 3,54 pada 2012 atau lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 3,42.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year