telkomsel halo

Totalitas Melayani Pelanggan

2:27:34 | 11 Aug 2013
Totalitas Melayani Pelanggan
Ilustrasi (DOK)
Lebaran 2013 baru saja berlalu. Tidak ada kejadian luar biasa di sisi industri telekomunikasi dalam menyambut Lebaran lalu.

Operator telekomunikasi berhasil menghadapi lonjakan trafik dengan sukses berkat persiapan jaringan yang matang.

Meskipun di sana-sini ada kekurangan seperti masih lambatnya pesan singkat terkirim atau sambungan suara terkadang putus, tetapi hal  itu bisa dimaklumi mengingat lonjakan trafik yang lumayan tinggi, terutama di jasa  data.

Hal  yang menarik disimak adalah totalitas dari operator melayani pelanggan jelang Lebaran lalu dimana hingga takbir menggema pun para direksi masih berkeliaran di lapangan memantau kesiapan jaringan.

Telkom Group menyebar seluruh direksinya ke sembilan  kota di seluruh Indonesia untuk memantau jaringan. Direktur Utama Indosat, Alexander Rusli dan Direktur Service Management XL Axiata  Ongki Kurniawan rela tak balik ke kampung halaman demi memastikan jaringan berjalan aman.

Hasil dari totalitas itu adalah kepuasan pelanggan dan bertambahnya pundi-pundi pendapatan ke  perseroan.
Hal yang menarik disimak dalam trafik Lebaran sejak dua tahun lalu adalah kenaikan penggunaan jasa data yang terus tinggi di masyarakat.

Bagi operator fenomena ini seperti buah simalakama karena  karena hingga sekarang margin dari jasa data belum menjanjikan.

Beruntunglah operator yang memiliki infrastruktur hingga ke daerah karena layanan suara dan SMS bisa mengimbangi naiknya trafik data, sehingga upaya keras meningkatkan kemampuan jaringan bisa terbayar di pos pendapatan.

Pasalnya, tak meratanya kualitas layanan data menjadikan pelanggan beralih ke  suara dan SMS kala di daerah sehingga berujung layanan ini masih menjadi pilihan juga untuk  bersilahturahmi.  

Entahlah, dua atau tiga tahun lagi, dimana operator akhirnya  berhasil mendapatkan margin positif dari jasa data sehingga tak ragu membangun jaringan data hingga ke pelosok  agar pelanggan tetap bisa berkomunikasi melalui instant messaging atau social media kala di kampung halaman.

Suatu hal yang bisa saja terjadi. Selamat Hari Raya Idul Fitri.

@IndoTelko.com

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year