telkomsel halo

LazzieChat permudah transaksi di masa festival belanja 6.6

07:52:00 | 04 Jun 2024
LazzieChat permudah transaksi di masa festival belanja 6.6
Aplikasi Lazada (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence - AI) di industri eCommerce bisa meningkatkan pengalaman digital menyeluruh bagi konsumen, termasuk untuk membantu konsumen menentukan pilihan produk yang akan dibeli di platform eCommerce.

Salah satu fitur berbasis AI di Lazada, LazzieChat, bisa memberikan rekomendasi produk yang tepat dan sesuai keinginan konsumen secara cepat, khususnya saat berbelanja pada festival belanja online.

Momentum festival belanja online, seperti festival belanja tengah tahun Lazada 6.6 Super Wow Sale yang akan dimulai pada tanggal 5 Juni mendatang, sering kali terjadi pada saat konsumen telah berencana untuk berbelanja, demi mendapatkan promo menarik dan harga terbaik. Namun tak jarang, konsumen masih kebingungan menentukan produk apa yang tepat untuk mereka.

Melalui LazzieChat, konsumen bisa mengajukan pertanyaan dan meminta rekomendasi, di mana LazzieChat dengan cerdas akan merespons pertanyaan pengguna dan bertindak sebagai asisten belanja pribadi, memberikan saran yang dipersonalisasi dan rekomendasi produk untuk membantu pengguna mengoptimalkan pengalaman berbelanja mereka.

LazzieChat didukung ChatGPT OpenAI untuk melatih kemampuan bahasa secara alami, sehingga LazzieChat dapat terus belajar memahami dan menanggapi pertanyaan terkait saran produk atau topik yang relevan layaknya manusia. Pemahaman yang lebih personal ini didukung dengan kekuatan prediktif AI dalam chatbot AI yang mampu membantu mengoptimalkan proses pencarian produk dengan lebih efisien dan akurat, sehingga memudahkan konsumen untuk menemukan dan membeli produk yang dibutuhkan dengan lebih cepat.

Dengan promo tanggal cantik 6.6 yang semakin mendekat di Lazada, konsumen kini tidak perlu bingung mencari produk dan merek apa yang paling sesuai untuk mereka, yang juga sesuai dengan budget konsumen. Di sini lah LazzieChat hadir dan akan memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi layaknya asisten belanja pribadi.

Ini beberapa hal yang bisa dilakukan dengan LazzieChat :

1. Geser ke bawah halaman beranda aplikasi Lazada untuk mengakses LazzieChat

Dengan mengakses LazzieChat, Anda bisa mencari inspirasi produk untuk dibeli, sebagai hadiah orang terkasih ataupun untuk diri sendiri. Cukup ketikan pesan untuk LazzieChat, misalnya "berikan rekomendasi kecap manis yang aman untuk penderita diabetes", dan LazzieChat akan memberikan beberapa rekomendasi produk yang sesuai.

Apabila konsumen belum memiliki kebutuhan khusus, LazzieChat akan memberikan beberapa pilihan topik untuk memulai sebagai inspirasi. Cukup mengeklik bagian pilihan yang diinginkan, dan mulailah ‘berdiskusi’ dengan LazzieChat.

2. Ketikan pesan atau pertanyaan untuk LazzieChat di konsol pesan

LazzieChat akan merespons berdasarkan pesan konsumen. Semakin rinci pesan atau pertanyaan yang disampaikan, akan semakin akurat pula jawaban dan rekomendasi yang disampaikan LazzieChat.

3. Jangan ragu untuk terus bertanya ke LazzieChat

Layaknya asisten belanja pribadi, chatbot AI ini akan terus memberikan rekomendasi kepada pengguna. Untuk itu, jangan ragu untuk terus menuliskan pesan atau pertanyaan kepada LazzieChat dengan rinci, sampai kamu merasa puas dengan rekomendasi yang diberikan.

4. Cek rekomendasi LazzieChat dan segera check out!

Setelah LazzieChat memberikan pilihan produk, kita bisa mengecek langsung ke halaman masing-masing produk dengan satu klik. Kalau sudah cocok, langsung check out dan lakukan pembayaran, supaya harga terbaik saat itu tidak berubah,

Menurut Deputy Chief Customer Experience Lazada Indonesia, Farid Suharjo, LazzieChat menjadi teman yang ramah dan intuitif, dirancang untuk memahami kebutuhan dan preferensi konsumen. Fitur ini ideal bagi konsumen yang masih bingung menentukan pilihan dan ingin secara cepat mencari produk yang cocok dan segera berbelanja.

"Bagi brand dan penjual, LazzieChat juga memungkinkan mereka untuk menjangkau konsumen potensial yang tepat. Kami yakin LazzieChat akan menjadikan pengalaman belanja konsumen Lazada yang lebih dinamis, menyenangkan dan personal," jelasnya.

Lazada akan terus meningkatkan algoritma LazzieChat agar dapat merespons pertanyaan pengguna dengan tepat dan bertanggung jawab, dengan tetap mematuhi kebijakan trust and safety Lazada. AI LazzieChat diharapkan akan semakin pintar dengan interaksi yang lebih banyak bersama pengguna. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year