telkomsel halo

Lazada Indonesia dan Meta gelar Lazada Seller Summit

05:15:00 | 02 Jun 2024
Lazada Indonesia dan Meta gelar Lazada Seller Summit
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Demi mendukung brand dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal Indonesia, Lazada Indonesia (Lazada) bekerja sama dengan Meta di Indonesia menggelar Lazada Seller Summit 2024 untuk memperkenalkan Sponsored Media, sebuah solusi promosi yang mudah dan efisien bagi para penjual dan brand lokal di platform Lazada untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli.

Kini, konsumen beradaptasi dengan tren dan perilaku belanja online secara cepat, serta semakin cerdas dalam mengambil keputusan saat membeli barang secara online. Data menunjukkan bahwa 66,5% penduduk Indonesia adalah pengguna internet, dengan 46,1% dari pengguna tersebut menggunakan internet untuk mencari produk dan brand. Selain itu, 97,8% pengguna internet menggunakan media sosial, memberikan kesempatan besar bagi penjual untuk berinteraksi dengan konsumen melalui saluran media sosial untuk mempromosikan brand dan produk mereka.

Sponsored Media diperkenalkan sebagai bagian dari fitur Promosi Berbayar Lazada (Lazada Sponsored Solutions) yang bisa diakses melalui Lazada Seller Center dan memungkinkan brand dan UMKM lokal untuk mendapatkan dan mengarahkan traffic dari pengguna di platform Meta (Facebook, Instagram, dan Audience Network) ke toko mereka di platform Lazada.

Dijelaskan Chief Business Officer Lazada Indonesia, Stefan Winata, berbagai keuntungan menggunakan solusi Sponsored Media. "Lazada Sponsored Solutions adalah rangkaian fitur yang dirancang untuk mendukung setiap wirausaha yang ingin berkembang bersama Lazada, termasuk diantaranya solusi Sponsored Media ini. Solusi ini ditawarkan melalui kerja sama dengan Meta dan dapat dengan mudah diakses melalui Seller Center Lazada. Dengan memanfaatkan basis pengguna Meta yang luas, solusi ini akan menyederhanakan dan mempercepat proses dalam menarik lebih banyak traffic dan potensi penjualan untuk para penjual dan brand lokal, sehingga mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan di Lazada," paparnya.

Berikut beberapa keuntungan bagi UMKM dalam menggunakan Solusi Sponsored Media :

    Pengelolaan kampanye Iklan Meta untuk toko dalam platform Lazada secara terintegrasi

Penjual dapat merancang dan menjalankan kampanye promosi di seluruh platform Meta hanya melalui satu dasbor di Lazada Seller Center. Dasbor ini juga menampilkan data dan informasi tentang kinerja toko serta rekomendasi untuk kampanye berikutnya.

    Menjangkau calon pembeli di seluruh platform Meta dengan lebih mudah

Penjual yang menggunakan solusi Sponsored Media diberikan opsi untuk merancang kampanye promosi di seluruh platform Meta, termasuk Facebook dan Instagram. Ini memungkinkan penjual untuk menjangkau lebih banyak calon pembeli dan meningkatkan brand awareness di berbagai saluran promosi.

    Meningkatkan keterlibatan dengan pengguna Lazada dan menjaga loyalitas terhadap brand

Selain menjangkau calon pembeli di platform Meta, solusi Sponsored Media juga memungkinkan penjual merancang berbagai kampanye untuk mempromosikan penawaran atau diskon eksklusif yang menargetkan para pelanggan mereka di platform Lazada guna meningkatkan loyalitas.

Sementara, Country Director Meta di Indonesia, Pieter Lydian mengatakan, di Meta, ia berkomitmen membuka berbagai kesempatan untuk bisnis agar bisa tumbuh dan terhubung dengan audiens mereka. "Kolaborasi dengan Lazada di Indonesia ini tidak hanya memberikan peluang bagi bisnis lokal, tetapi juga membantu efisiensi inisiatif pemasaran mereka dan meningkatkan brand awareness di seluruh saluran promosi," ujarnya.

Lazada Seller Summit 2024 digelar secara hybrid dan dihadiri oleh ratusan brand dan UMKM lokal yang hadir secara offline maupun online. Dalam acara ini, perwakilan dari Lazada dan Meta di Indonesia menyoroti manfaat Sponsored Media dan berbagi cara menerapkan solusi tersebut di toko dalam platform Lazada.

Kintakun, brand asal Indonesia yang memproduksi dan menjual seprei dan duvet di Lazada sejak tahun 2017, merupakan salah satu brand lokal pertama yang mengadopsi Sponsored Media. Dikatakan Brand & Communication Manager Kintakun, Kanisius Gerry, solusi Sponsored Media Lazada cukup sederhana dan mudah digunakan. "Solusi terintegrasi ini memungkinkan kita dapat dengan mudah memilih produk yang ingin kita promosikan melalui Seller Center. Selain itu, penargetan iklan juga lebih tepat karena berfokus pada konsumen yang berpotensi untuk berbelanja di Lazada, sehingga kegiatan pemasaran kami menjadi lebih efektif dan efisien," jelasnya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year