telkomsel halo

OpenSignal: Telkomsel juara layanan mobile broadband di Indonesia

11:01:00 | 30 Dec 2023
OpenSignal: Telkomsel juara layanan mobile broadband di Indonesia
JAKARTA (IndoTelko) - OpenSignal jelang tutup 2023 mengeluarkan riset terbarunya tentang kualitas layanan mobile broadband di Indonesia.

Analis Senior OpenSignal Hardik Khatri mengungkapkan Telkomsel tetap unggul dalam hal kecepatan unduh dan unggah seiring dengan peningkatan kecepatan seluler secara keseluruhan.

"Telkomsel kembali meraih penghargaan Pengalaman Kecepatan Unduh dan Pengalaman Kecepatan Unggah. Pengguna jaringan Telkomsel merasakan kecepatan unduh rata-rata 26,1Mbps 3,3Mbps lebih cepat dari pengguna XL yang berada di posisi kedua. Demikian juga dengan pengguna Telkomsel yang merasakan kecepatan unggah rata-rata tercepat 11,1Mbps, diikuti oleh pengguna 3 dengan 9,7Mbps. Kecepatan seluler di Indonesia telah meningkat signifikan secara keseluruhan, di mana pengguna mencatat kecepatan unduh 7,5-21,4% lebih cepat dan kecepatan unggah 11,2-23% lebih cepat, tergantung pada operator pilihan mereka," paparnya dalam riset tersebut.

Sementara Indosat memenangkan kualitas konsisten untuk kedua kali berturut-turut, kali ini dengan skor 64,8%, mengungguli Telkomsel (61,7%) dan 3 (61,3%). XL terpaut di belakang dengan skor 58,7%, sementara Smartfren berada di posisi terakhir dengan skor 38,4%. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna Indosat terus mandapat proporsi pengujian terbanyak yang memenuhi ambang batas minimum untuk mendukung aplikasi seluler yang lebih umum digunakan, seperti panggilan video atau mengunggah gambar ke media sosial.

Pengguna Telkomsel merasakan kualitas pengalaman terbaik saat memutar video on-demand dan video live melalui koneksi seluler di Indonesia. Hasilnya, Telkomsel menjadi pemenang langsung untuk penghargaan Pengalaman Video dan Video Live dengan skor 61,4 dan 57,7 poin dari skala 100 poin. Di kedua kategori tersebut, 3 hampir menantang posisi teratas Telkomsel, menempati posisi kedua dengan skor yang sedikit lebih rendah 61 poin untuk Pengalaman Video dan 56,1 untuk Pengalaman Video Live.

Sedangkan kualitas pengalaman bermain game multiplayer seluler telah meningkat di kelima jaringan Indonesia sejak laporan terakhir. Pengguna Indosat dan 3 mengalami peningkatan terbesar, masing-masing 8,8 dan 8,2 poin (pada skala 0-100), diikuti oleh Telkomsel (7,1 poin) dan Smartfren (6,2 poin). Pengguna XL mengalami peningkatan sebesar 5,9 poin, sehingga XL sekali lagi meraih penghargaan Pengalaman Game, kali ini dengan skor 79 poin, namun keunggulannya atas 3 sebagai peringkat kedua telah menyusut dari 2,5 menjadi hanya 0,3 poin. Selain itu, Pengalaman Game di Indosat, 3, Telkomsel, dan XL mendapat peringkat Baik (75-85) naik dari peringkat Cukup (65-75) yang didapatkan sebelumnya sementara Smartfren kurang 1,2 poin dari peringkat tersebut dengan skor 73,8 poin.

Pengguna jaringan selular di Indonesia terus mendapatkan kualitas pengalaman terbaik secara keseluruhan saat menggunakan app suara over-the-top - seperti WhatsApp, Skype, dan Facebook Messenger Bersama 3. Faktanya, 3 menjadi satu-satunya operator di Indonesia yang berhasil meraih peringkat Baik (80-87) untuk Pengalaman App Suara kali ini, dengan skor 80,2 poin (dari skala 0-100).

Telkomsel merupakan operator pertama di Indonesia yang meraih penghargaan Pengalaman Cakupan yang baru dari Opensignal. Telkomsel meraih skor 8,54 pada skala 10 poin - unggul jauh sebesar 3,78 poin dari Indosat dan 3 yang meraih skor 4,76 poin. XL menyusul dengan 4,48 poin, sementara Smartfren berada di posisi terakhir dengan 2,18 poin. Metrik Pengalaman Cakupan yang baru dari Opensignal mewakili pengalaman dunia nyata yang diterima pengguna saat mereka melakukan perjalanan di sekitar wilayah yang umumnya mereka harapkan akan mendapatkan cakupan.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year