telkomsel halo

Menkominfo siap tuntaskan program prioritas

09:32:45 | 25 Okt 2023
Menkominfo siap tuntaskan program prioritas
Menkominfo Budi Arie Setiadi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi siap menuntaskan program prioritas.

Langkah awal yang dilakukan Budi adalah melakukan mutasi empat pejabat tinggi pratama dan Direktur BAKTI Kominfo.

Kemenkominfo hanya memiliki waktu sekitar 12 bulan untuk menuntaskan berbagai program prioritas nasional di sektor komunikasi dan Informatika.

“Dengan waktu yang singkat tersebut, kita lakukan mutasi jabatan untuk beberapa posisi di lingkungan Kementerian Kominfo. Mutasi jabatan dalam bentuk Tour of Duty yang lumrah dilakukan untuk meningkatkan kualitas sekaligus mempercepat pencapaian kinerja organisasi,” kata Budi saat Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di di Press Room Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (23/10).

Ia mengharapkan melalui pelantikan ini, komitmen seluruh pejabat untuk mendorong reformasi manajemen yang lebih andal bisa makin kuat.

“Khususnya untuk bersama-sama menjaga seluruh kegiatan dilakukan secara akuntabel, transparan, disiplin, efisien, realistis, dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Diharapkannya, gerak roda birokrasi dapat mempercepat laju langkah Kementerian Kominfo dalam mewujudkan transformasi digital nasional.

“Saya meminta kepada seluruh pejabat yang dilantik hari ini untuk bergerak cepat segera berkerja tuntas dengan tugas-tugas yang ada dan tidak berlama-lam melakukan penyesuaian,” ujarnya.

Secara spesifik, kepada seluruh Pejabat Tinggi Madya dan Pratama yang hadir menyaksikan pelantikan, Budi Arie menekankan pesan serius untuk menjadi perhatian bersama terkait penyerapan anggaran.

“Perlu saya garisbawahi bahwa penyerapan anggaran Kementerian Kominfo T.A. 2023 baru mencapai sepertiga dari PAGU yang kita miliki. Sekali lagi, semua satuan kerja untuk segera melakukan percepatan secara pruden,” tandasnya.

Menkominfo melantik empat orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Direktur Infrastruktur Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Kominfo. Empat pejabat yang dilantik antara lain I Nyoman Adhiarna, Slamet Santoso, Bonifasius W. Pudjianto, dan Bambang Dwi Anggono. Masing-masing kini menempati posisi Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Direktur Pemberdayaan Informatika Ditjen Aptika, Direktur Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika dan Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo. Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Surat Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 453 Tahun 2023 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil ke dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Kementerian Kominfo yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 20 Oktober 2023.

Selanjutnya Danny Januar Ismawan menjadi Direktur Infrastruktur BLU BAKTI Kementerian Kominfo dengan Surat Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 453 Tahun 2023 tentang Pengangkatan Direktur Infrastruktur Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 29 September 2023.

Menkominfo menginstruksikan pejabat yang baru dilantik untuk menyelesaikan program prioritas. Sekretaris Ditjen Aptika I Nyoman Adhiarna harus segera mempercepat penyerapan anggaran secara pruden, akuntabel dan teliti. Ia juga meminta I Nyoman Adhiarna ikut memastikan penyelesaian Proyek Pusat Data Nasional pada bulan Oktober tahun 2004 dengan tetap berpegang pada perundang-undangan yang berlaku.

Kepada Direktur Pemberdayaan Informatika yang baru, Menkominfo memberikan instruksi untuk memperkuat literasi digital, terutama menyongsong Pemilu Damai 2024 untuk mewujudkan ruang digital yang sehat dan kondusif selama masa Pemilu.

Sementara itu, Direktur Ekonomi Digital, Bonifasius W. Pudjianto harus melakukan terobosan kebijakan guna merespons tantangan ekosistem ekonomi digital yang semakin dinamis, termasuk fenomena S-Commerce.

“Memastikan fair level playing field bagi seluruh pelaku usaha ekonomi digital, dan kebijakan afirmasi bagi pelaku usaha lokal, Akselerasi program eksisting untuk menjangkau lebih banyak penerima manfaat, terutama untuk program UMKM digital, petani dan nelayan go online, Hub.id dan program IGDX,” tegas Budi.

Sedangkan kepada Bambang Dwi Anggono, Menkominfo meminta segera menyiapkan dan melakukan langkah strategis dalam mendukung program prioritas nasional bidang pembangunan manusia dan kebudayaan.

“Beri perhatian serius untuk diseminasi informasi dan komunikasi publik terkait pengentasan stunting dan kemiskinan ekstrem yang merupakan Program Prioritas Presiden RI,” katanya.

Sementara untuk Danny Januar Ismawan sebagai Direktur Infrastruktur BLU BAKTI Kominfo, Budi mengintruksikan secara intensif berkoordinasi dengan Satgas BAKTI Kominfo dalam penuntasan pembangunan infrastruktur di wilayah 3T, serta tetap memperhatikan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku,

Bahkan Menkominfo meminta Direktur Infrastruktur BAKTI Kominfo memberikan perhatian khusus pada penyelesaian Pembangunan BTS, kepastian operasionalisasi Satelit SATRIA-1, penyediaan akses internet, dan peningkatan utilisasi Palapa Ring.

“Dalam kesempatan ini, saya juga mengingatkan agar peran masterplan infrastruktur telekomunikasi dapat segera disusun oleh Direktorat Jenderal PPI bersama BAKTI. Dengan target telah terselesaikan laporan awal tentang roadmap transformasi digital di Indonesia,” ujarnya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year