telkomsel halo

Sambut dinamika Esports lewat sinergi terintegrasi

07:03:00 | 30 Sep 2023
Sambut dinamika Esports lewat sinergi terintegrasi
CBN Esport (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Industri eSports telah menjadi salah satu kekuatan utama di dunia modern, dengan jutaan penggemar dan penggiat yang bergabung dalam komunitas yang semakin berkembang. CBN kembali melangkah dengan meresmikan kemitraan strategis bersama Alter Ego Esports selaku eSports Pro Team dan M-Zone, jaringan grassroot eSports.

Menurut Chief Broadband Officer CBN, Dedy Handoko, pihaknya memiliki tekad kuat untuk membawa eSports Indonesia ke tingkat selanjutnya dan sangat mengerti bahwa konektivitas yang handal adalah kunci sukses di dunia eSports. "Sebagai penyedia layanan internet cepat di Indonesia, CBN tentunya menyambut baik dan siap memberikan dukungan penuh kepada Alter Ego Esports dan M-Zone," ujarnya.

Industri eSports Indonesia telah memberikan peningkatan di berbagai sektor, seperti peningkatan investasi, kompetisi profesional, pertumbuhan komunitas, kerjasama industri dengan pemerintah, hingga konten-konten berkualitas. Beragam penggiat eSports juga bertumbuh dalam mendukung antusiasme industri yang telah mengharumkan nama bangsa.

Sementara, CEO Alter Ego Esports, Delwyn Sukamto mengatakan, perjalanan Alter Ego Esports (AE) sebagai pro team di kancah eSports Indonesia sejak berdiri tahun 2018 lalu tidaklah instan. Salah satu elemen terpenting dari peningkatan performa AE adalah konektivitas internet yang cepat dan handal serta minim latensi, sehingga para atlet dapat berlatih dengan maksimal.

"Sinergi antara CBN sebagai penyedia internet cepat dan AE tentunya akan memberikan hasil positif dalam memperkuat tim kami untuk melaju menjadi yang terbaik," jelasnya.

Alter Ego Esports (AE) memiliki divisi aktif yakni Mobile Legends Bang Bang (MLBB), PUBG Mobile, dan Valorant dan telah menorehkan prestasi di skala nasional dan Internasional, seperti Juara MPLI ID season 2, dua kali berturut-turut menjuarai PUBG Mobil Super League di region SEA, dan Menjadi top 2 untuk divisi Valorant di Indonesia.

Selain dukungan pada pro team dan kegiatan skala Nasional-Internasional, CBN juga turut aktif memberikan kontribusi yang berkelanjutan kepada ekosistem eSports melalui komunitas seperti yang dijalankan oleh M-Zone, rumah eSports yang didirikan oleh PT Infra Yes Solusindo untuk memicu bakat pecinta eSports kota Malang sebagai awal.

Sedangkan, Direktur PT Infra Yes Solusindo (IYS), Susi Siregar menambahkan, M-Zone didirikan, yang dibangun dan dinisiasi oleh IYS dengan dukungan dari CBN fiber, sebagai wadah eSports pertama di Indonesia untuk mengembangkan bakat pencinta eSports lokal dan komunitas agar dapat melaju sebagai atlet professional. "Para penggemar eSports dapat berkumpul di M-Zone baik untuk berlatih, bertanding, ataupun saling berbagi pengalaman secara gratis setiap harinya. CBN berperan sangat penting pada kesuksesan setiap kegiatan eSports yang kami adakan, dengan memberikan koneksi internet dedicated up to 500Mbps," katanya.

Dalam waktu dekat, M-Zone akan merambah ke beberapa kota dan membangun jaringan komunitas Esports di pulau Jawa dan Nasional, seperti Surabaya, Yogyakarta, Bali, Jakarta, yang tentunya didukung penuh oleh CBN. Bersama dengan CBN, M-Zone akan mendorong industri eSports Nusantara dalam berbagai lini termasuk juga edukasi eSports baik melalui kurikulum sekolah ataupun non formal, serta mewadahi komunitas-komunitas Esports nasional.

Dedy menambahkan, pihaknya sangat bersemangat akan masa depan kerjasama ini dan percaya bahwa bersama-sama, kita dapat menciptakan terobosan besar dalam dunia eSports Indonesia. "Kami juga mengundang para pencinta eSports untuk bergabung bersama kami dalam perjalanan ini menuju masa depan yang lebih terhubung dan penuh prestasi," ujarnya. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year