telkomsel halo

AP II cetak laba bersih Rp431,53 miliar di Semester I-23

08:02:00 | 12 Aug 2023
AP II cetak laba bersih Rp431,53 miliar di Semester I-23
JAKARTA (IndoTelko) - PT Angkasa Pura II (AP II) sebagai pengelola 20 bandara di Indonesia mengusung semangat terus tumbuh dalam perjalanan berikutnya (Regrowing To The Next Journey) setelah berhasil lepas dari tekanan hebat pandemi Covid-19 ketika memperingati ulang tahun ke-39 pada 13 Agustus 2023.

Semangat Regrowing To The Next Journey ini juga sebagai tekad AP II yang merupakan bagian dari holding BUMN InJourney untuk dapat terus mendukung pertumbuhan sektor pariwisata dan transportasi udara.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan usia ke-39 AP II ini bertepatan dengan periode pemulihan dan menjadi momentum tepat dalam mencetak pertumbuhan serta meraih kembali pencapaian yang tertunda karena pandemi.

"AP II berhasil melalui masa-masa sulit pandemi, didukung transformasi digital yang kami jalani sejak 2016. Kini, status pandemi Covid-19 sudah dicabut di Indonesia dan AP II dituntut untuk terus bertumbuh melalui berbagai inovasi dalam memberikan pelayanan terbaik, operasional yang prima dan bisnis yang berkelanjutan. Industri penerbangan saat ini berada di periode pemulihan dan permintaan terus tumbuh. Ini sekaligus menjadi tantangan bagi AP II di usianya yang ke-39 untuk dapat memanfaatkan momentum serta memperkuat konektivitas penerbangan sehingga dapat berkontribusi lebih baik lagi terhadap pemulihan pariwisata dan ekonomi nasional," ujar Muhammad Awaluddin.

Direktur Utama InJourney Dony Oskaria pada acara peringatan HUT ke-39 AP II hari ini, 11 Agustus 2023, mendorong agar bandara-bandara terus bertransformasi untuk dapat selalu merepresentasikan Indonesia. "Airport adalah wajah suatu bangsa," ujar Doni Oskaria.

Pencapaian
Muhammad Awaluddin menambahkan di usia yang ke-39 ini AP II telah berhasil meraih berbagai pencapaian.

"Pencapaian AP II saat ini tidak lepas dari keberhasilan transformasi digital dijalankan, dan menjadi modal penting bagi AP II untuk terus dapat bertumbuh ke depannya," jelas Muhammad Awaluddin.

Transformasi digital dijalankan di bandara-bandara AP II, antara lain dengan dioperasikannya gedung Airport Operation Control Center (AOCC) yang dilengkapi teknologi terkini sehingga dapat mendorong keberhasilan implementasi Airport Collaborative Decision Making (ACDM).

ACDM menjadi solusi bagi seluruh stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta untuk dapat berkolaborasi demi operasional penerbangan yang lebih baik.

AP II juga memiliki aplikasi internal iPerform untuk memonitor operasional bandara secara real time, termasuk pergerakan pesawat dan jumlah penumpang pesawat.

"Melalui digitalisasi ini AP II berhasil mengakomodir dan mengelola tingginya permintaan penerbangan pasca-pandemi, serta mengoptimalkan lini operasional di bandara,"ujar Muhammad Awaluddin.

Sementara di aspek pelayanan, keberhasilan AP II terlihat dari berbagai penghargaan global seperti misalnya staf di Bandara Soekarno-Hatta dinilai sebagai salah satu terbaik di dunia dengan meraih posisi 9 pada daftar Best Airport Staff in Asia 2022 pada kategori World’s Best Airport Staff di ajang Skytrax World Airport Award 2022.

"Transformasi digital juga diterapkan di aspek pelayanan, seperti misalnya AP II meluncurkan aplikasi Travelin sebagai upaya kami agar digitalisasi yang dilakukan di bandara AP II dapat langsung dirasakan masyarakat melalui smartphone" ungkap Muhammad Awaluddin.

Keberhasilan mengelola dan mengakomodir tingginya permintaan penerbangan, serta memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang pesawat, menjadikan AP II berhasil meraih laba bersih pada Semester I/2023.

Pada Semester I/2023, jumlah pergerakan penumpang di 20 bandara AP II secara kumulatif mencapai 38,73 juta penumpang, dan berdasarkan laporan keuangan unaudited, sepanjang Januari - Juni 2023 AP II membukukan pendapatan Rp5,72 triliun atau meningkat sekitar 63% dibandingkan dengan Januari - Juni 2022 sebanyak Rp3,50 triliun.

Sejalan dengan peningkatan pendapatan, pada Januari - Juni 2023 AP II berhasil mencetak laba bersih Rp431,53 miliar atau berbanding terbalik dari sebelumnya rugi bersih Rp821,37 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Muhammad Awaluddin menuturkan pencapaian AP II pada Semester I/2023 ini menjadi pondasi bagi AP II untuk terus tumbuh ke depannya. "Fundamental AP II pada tahun ini semakin kokoh untuk terus tumbuh," jelas Muhammad Awaluddin.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year