telkomsel halo

Lazada siap jadi platform termurah bagi UMKM

06:32:00 | 08 Aug 2023
Lazada siap jadi platform termurah bagi UMKM
Foto : (dok Lazada)
JAKARTA (IndoTelko) - Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian nasional dan memiliki potensi yang besar untuk tumbuh dalamekosistem ekonomi digital Indonesia. Para pemangku kepentingan dalam ekonomi digital pun diharapkan untuk membantu dan mendorong perkembangan bisnis UMKM lokal, termasuk dari platform e-commerce.

Menjelang Hari UMKM Nasional yang jatuh pada 12 Agustus 2023 mendatang, Lazada Indonesia (Lazada) meluncurkan program khusus bagi penjual UMKM baru Lazada yang diharapkan bisa memberikan kemudahan serta menjadi solusi bagi pelaku bisnis yang ingin mulai bergabung di Lazada. Program khusus ini sekaligus menjadikan Lazada sebagai platform termurah bagi penjual UMKM di industri e-commerce.

Data We Are Social 2023 menunjukkan bahwa sekitar 178,9 juta masyarakat Indonesia berbelanja di platform e-commerce, menunjukkan besarnya potensi untuk pelaku bisnis mengembangkan bisnisnya di ranah digital. Meski demikian, dengan literasi digital masyarakat Indonesia yang masih rendah dibandingkan dengan negara-negara lainnya di Asia, sebagian besar pelaku UMKM membutuhkan bimbingan khusus serta berbagai kemudahan dan insentif untuk bisa bertransformasi digital.

Program khusus bagi penjual baru di Lazada menawarkan kemudahan proses registrasi, program inkubasi dan bimbingan intensif bagi para penjual UMKM baru serta menjadikan Lazada sebagai platform e-commerce termurah bagi penjual yang baru bergabung di Lazada.

Dikatakan Head of Seller Development and Sales Operations Lazada Indonesia, Stefan Winata, sejalan dengan misi Lazada untuk mempercepat perkembangan di Indonesia melalui perdagangan dan teknologi, ia berkomitmen penuh untuk terus mendorong transformasi digital di Indonesia. "Berbagai program dan fitur menyeluruh yang ada di Lazada memungkinkan kami untuk bisa mendukung para pelaku bisnis lokal di Indonesia yang ingin mengembangkan bisnis di Lazada. Program khusus untuk penjual baru di Lazada ini merupakan dukungan kami kepada UMKM Indonesia yang ingin berjualan di Lazada dan mengembangkan usahanya dengan memberikan berbagai kemudahan, termasuk investasi awal yang sangat terjangkau," katanya.

Ditambahkannya, kehadiran program khusus untuk penjual baru Lazada ini diharapkan bisa menjadi pendorong percepatan pertumbuhan perekonomian Indonesia. "Ekosistem ekonomi digital menawarkan banyak peluang ekonomi, termasuk dengan membangun bisnis online. Dengan paket khusus penjual baru ini, kami berharap semakin banyak pelaku bisnis yang bergabung di platform e-commerce, memanfaatkan berbagai program, fitur, dan teknologi di Lazada, dan akhirnya mampu naik kelas dengan membangun bisnis yang berkelanjutan," katanya.

Program khusus penjual baru memberikan akses luas dan mudah bagi pelaku bisnis yang ingin mengeksplorasi peluang bisnis di dunia digital. Beberapa keuntungan yang diperoleh pejual baru Lazada, antara lain :

Bebas biaya komisi selama 90 hari

Penjual baru di Lazada dibebaskan dari potongan biaya komisi selama 90 hari pertama, menjadikan Lazada platform termurah bagi penjual baru.

Bebas biaya promosi gratis ongkir

Lazada memberikan subsidi penuh atas keikutsertaan dalam program gratis ongkos kirim (ongkir)bagi penjual baru di Lazada.

Pendampingan penjual selama 90 hari

Penjual baru akan mendapatkan program pendampingan dan pelatihan selama 90 hari pertama sejak bergabung di Lazada agar dapat beradaptasi dengan berbagai fitur digital dan siap menjalankan bisnis di Lazada.

Akses terhadap pelanggan yang luas dan data bisnis terkini

Lazada memiliki pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia yang bisa dicapai dengan dukungan sistem logistik terintegrasi di Lazada. Berbagai data dan wawasan terkini tersedia di dasbor khusus penjual Seller Center yang bisa mendukung strategi bisnis toko.

Akses ke platform belajar bisnis online dan dukungan komunitas penjual

Setiap penjual di Lazada dapat mengikuti berbagai pelatihan tentang berjualan online di Lazada University dengan ribuan materi pelatihan yang bisa dipilih. Komunitas penjual Lazada Club juga secara rutin mengadakan sesi berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk bisa saling mendukung dan memotivasi sesama penjual di Lazada.

Stefan menegaskan, Lazada akan terus menyelenggarakan berbagai program pemberdayaan bagi pelaku bisnis lokal. "Kami siap mendukung setiap upaya digitalisasi dan berkomitmen untuk mendedikasikan ekosistem Lazada yang inklusif dan menyeluruh untuk memperkuat ekonomi digital Indonesia," katanya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year