telkomsel halo

Lazada, AIS Forum, & Kemenkomarves dukung perwujudan lingkungan lestari

07:30:00 | 31 May 2023
Lazada, AIS Forum, & Kemenkomarves dukung perwujudan lingkungan lestari
JAKARTA (IndoTelko) - Lazada Indonesia (Lazada) bersama dengan Archipelagic and Island States (AIS) Forum, dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) Republik Indonesia, serta dukungan dari Divers Clean Action (DCA) baru-baru ini mengadakan lomba seed fundinguntuk mencari solusi inovatif sebagai off-taker (pengelola) bank sampah di Kepulauan Seribu.

Melalui lomba bertajuk "Islands Hackathon: Discover Innovative Ideas on Plastic Waste for the Future of Thousand Islands", diharapkan akan tercipta solusi pengelolaan sampah berkelanjutan yang dapat direplikasi dan dijadikan proyek skala besar demi mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan SDG 14 (Life Below Water) dan SDG 12 (Responsible Production and Consumption).

Lomba seed funding ini didasari kekhawatiran akan banyaknya timbunan sampah plastik sekali-pakai yang kian meningkat dan membahayakan lingkungan, termasuk di daerah pesisir dan laut sekitar Kepulauan Seribu. Lazada menilai permasalahan lingkungan ini selayaknya diatasi bersama dengan para pemangku kepentingan melalui berbagai solusi inovatif.

Dikatakan Vice President Government Affairs Lazada Indonesia, Budi Primawan, Lazada berkomitmen untuk berkontribusi menjaga kelestarian alam, termasuk melalui kolaborasi dengan mitra strategis seperti AIS Forum dan Kemenkomarves untuk bisa menghadirkan program yang berdampak besar bagi lingkungan. "Dalam penyelenggaraan hackathon ini, kami menyaksikan banyak ide yang kreatif dan inovatif dari para anak muda Indonesia yang kami yakini bisa membantu mengatasi permasalahan sampah plastik, khususnya di Kepulauan Seribu ini," ujarnya.

Pemenang yang dipilih oleh panel juri dari Lazada, Kemenkomarves, dan Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu akan mendapatkan pendanaan awal sebesar Rp100 juta. Pemenang juga berkesempatan mempresentasikan ide inovatifnya di depan 47 kepala negara atau perwakilannya di acara AIS High-Level Meeting pada Oktober 2023 mendatang.

Dari beberapa inovator yang menawarkan solusi, startup Get Plastic terpilih sebagai pemenang dengan program yang memanfaatkan sampah plastik sebagai bahan bakar transportasi antar pulau di Kepulauan Seribu.

Program dari Get Plastic memanfaatkan teknologi pyrolysis yang dapat mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar, seperti bensin, solar, dan gas. Dengan teknologi pyrolysis sampah plastik ini, diharapkan dapat tercipta bahan bakar alternatif solar untuk para nelayan di Kepulauan Seribu.

Get Plastic tidak hanya mengimplementasikan penggunaan bahan bakar dari hasil daur ulang sampah plastik, namun juga melaksanakan pengembangan, sosialisasi, dan edukasi dalam pengelolaan sampah plastik kepada masyarakat di Kepulauan Seribu.

Get Plastic ini berpotensi dapat mengatasi permasalahan sampah plastik yang mencapai sekitar 400kg sampah plastik setiap harinya di Kepulauan Seribu, serta menjaga ekosistem laut dan pantai yang lebih bersih.

Dalam rangkaian program Islands Hackathon, Lazada Indonesia bersama dengan AIS Forum, Kemenkomarves dan DCA juga melaksanakan program penanaman tanaman bakau di Jakarta Mangrove Ecotourism Centre Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu. Kegiatan ini sekaligus menegaskan komitmen Lazada untuk berkontribusi menjaga kelestarian alam.

Populasi tanaman bakau mengalami banyak sekali penurunan di berbagai daerah di Indonesia. Ekspansi budidaya tambak, konversi lahan menjadi kelapa sawit, dan alih fungsi lahan menjadi daerah urban (pemukiman manusia dan pembangunan infrastruktur) menjadi beberapa penyebab berkurangnya lahan bakau di Indonesia secara masif. Penurunan populasi dapat mengkhawatirkan apabila tidak diatasi dengan segera. Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia melalui Kemenkomarves menetapkan target untuk merehabilitasi 600 ribu hektar hutan bakau pada 2024.

Lazada bersama AIS Forum, DCA, dan Kemenkomarves menggelar penanaman tanaman bakau untuk membantu merehabilitasi ekosistem bakau yang ada di Jakarta Utara. Acara penanaman bakau dibuka dengan kegiatan edukasi dan sosialisasi mengenai fungsi tanaman bakau, termasuk di antaranya untuk melindungi area pesisir pantai dari potensi tsunami serta melindungi habitat hewan di pesisir pantai seperti ikan, udang, dan lainnya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year