telkomsel halo

Top! AP II untung sepanjang 2022

03:15:00 | 15 May 2023
Top! AP II untung sepanjang 2022
JAKARTA (IndoTelko) - PT Angkasa Pura II (AP II) pengelola 20 bandara di Indonesia, pada 2022 berhasil lepas dari jerat pandemi COVID-19.

"Pandemi COVID-19 merupakan tantangan paling berat sepanjang sejarah industri penerbangan dunia, melebihi peristiwa sebelumnya seperti krisis minyak pada 1972-1973, perang Iran-Irak pada 1981-1982, krisis Timur Tengah pada 1991-1992, peristiwa 9/11, SARS pada 2003-2004 dan krisis keuangan pada 2008-2009," ujar President Director AP II Muhammad Awaluddin.

Total, sepanjang 2022 pendapatan AP II tercatat Rp8,41 triliun atau meningkat signifikan 54,55% dibandingkan 2021 sebanyak Rp5,44 triliun.

Tumbuhnya pendapatan ini mendorong kinerja positif, di mana sepanjang 2022 AP II berhasil mencetak laba usaha Rp934,11 miliar dari sebelumnya negatif Rp2,52 triliun. Pencapaian ini kemudian membawa AP II berhasil mencetak laba bersih Rp91,90 miliar dari sebelumnya negatif Rp3,79 triliun.

"Setelah di tengah pandemi pada 2020 dan 2021, AP II kini telah berhasil lepas dari hasil negatif dengan membukukan keuntungan pada 2022. Kami optimistis pada 2023 laba bersih akan kembali meningkat," ujar Muhammad Awaluddin.

Di tengah pandemi COVID-19, jumlah penumpang pesawat menukik tajam sejalan dengan adanya pembatasan perjalanan di seluruh dunia. Penumpang pesawat pada 2020 dan 2021 mengalami penurunan hingga hanya sekitar 40% dari realisasi pada 2019 saat belum ada pandemi.

Kondisi pada 2022 lebih baik sejalan dengan membaiknya kondisi pandemi, di mana jumlah penumpang pada tahun itu mencapai sekitar 70% dari 2019.

"AP II dan para stakeholder mampu mengelola tumbuhnya permintaan penerbangan pada 2022. AP II bersinergi erat dengan seluruh pihak untuk memastikan periode pemulihan pada 2022 berjalan baik," jelas Muhammad Awaluddin.

Kendati jumlah penumpang pesawat mulai tumbuh, namun tetap diperlukan upaya lain guna mendorong kinerja keuangan perusahaan.

"Lalu lintas penerbangan pada awal 2022 sudah menunjukkan tren positif, tetapi masih di bawah 2019 saat belum ada pandemi. Karena itu AP II juga menjalankan strategi lainnya guna mendorong pemulihan bisnis," ungkap Muhammad Awaluddin.

Salah satu strategi mempercepat pemulihan bisnis yang dijalankan AP II adalah pemanfaatan aset melalui tiga program yakni Asset Optimization Program (brown field asset), Asset Acceleration Program (asset under construction) dan Asset Utilization Program (green field asset).

Strategi pemanfaatan aset dijalankan berhasil pada 2022, di mana pendapatan dari konsesi naik 28% dibandingkan 2021, lalu bisnis hotel naik 71% dan bisnis lounge meroket 224%.

Peningkatan pendapatan dari pemanfaatan aset ini berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan bisnis non-aeronautika.

Pada 2022, pendapatan bisnis non-aeronautika AP II tercatat Rp4,26 triliun atau lebih besar dibandingkan dengan bisnis aeronautika sebanyak Rp4,14 triliun. Adapun sumber pendapatan bisnis aeronautika sebesar 73% berasal dari jasa pelayanan penumpang pesawat.

"AP II berhasil mengembangkan bisnis non-aeronautika, sebagaimana operator-operator bandara kelas dunia lainnya. Pendapatan terbesar AP II saat ini berasal dari bisnis non-aeronautika sehingga tidak hanya bergantung pada jumlah penumpang pesawat. Ini membuat AP II dapat lebih tahan terhadap kondisi seperti pandemi yang berdampak pada penurunan lalu lintas penerbangan," jelas Muhammad Awaluddin.

Kerjasama
Lebih lanjut diungkapkannya, AP II dan United States Trade and Development Agency (USTDA) tengah menjajaki kerja sama dalam pengembangan infrastruktur dan layanan bandara.

Pada 12 Mei 2023 di Kantor Pusat AP II, President Director AP II Muhammad Awaluddin beserta jajaran bertemu dengan Senior Country Manager Indo-Pacific Region USTDA Alissa Lee-Barden beserta jajaran dan perwakilan dari US Southeast Asia And Pacific Aviation Cooperation Program (ACP).

Di dalam pertemuan, President Director AP II Muhammad Awaluddin memaparkan saat ini AP II memiliki lini bisnis utama sebagai operator 20 bandara, yang didukung anak usaha di bidang properti dan infrastruktur, kargo, ground handling, bisnis lounge penumpang pesawat, dan lain sebagainya.

"AP II saat ini adalah operator bandara terbesar di Indonesia yang mengelola 20 bandara, dengan pangsa pasar lalu lintas penerbangan mencapai 45,6%," ujar Muhammad Awaluddin.

Bandara yang dikelola AP II salah satunya Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) yang merupakan bandara tersibuk dan terbesar di Indonesia.

"Pengembangan yang dilakukan saat ini di Bandara Soekarno-Hatta termasuk antara lain revitalisasi terminal penumpang yang ada, dan ke depannya adalah pembangunan Terminal 4 untuk dapat melayani lebih dari 120 juta penumpang/tahun dalam jangka panjang," ungkap Muhammad Awaluddin.

Saat ini Bandara Soekarno-Hatta memiliki 3 terminal yakni Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 dengan jumlah penumpang yang dilayani tertinggi adalah 112 juta penumpang/tahun sebelum adanya pandemi COVID-19.

Dari sisi udara (air side), Bandara Soekarno-Hatta menjadi satu-satunya bandara di Indonesia yang diperkuat dengan 3 runway.

Adapun profil sisi udara Bandara Soekarno-Hatta yang memiliki 3 runway ini sama dengan di Bandara Seattle-Tacoma (Seattle), Bandara Phoenix-Sky Harbor (Phoenix) dan Bandara San Francisco.

"AP II dan USTDA dapat bersama-sama melakukan studi banding di ketiga bandara di AS tersebut untuk meningkatkan optimalisasi 3 runway di Bandara Soekarno-Hatta," ujar Muhammad Awaluddin.

Studi banding dapat meliputi prosedur operasional runway, infrastruktur pendukung runway seperti Rapid Exit Taxiway, dan operasional secara keseluruhan.

"Ke depannya kami akan mengoperasikan seluruh runway di Bandara Soekarno-Hatta dapat melakukan take off dan landing secara bersamaan. Tentunya ini juga berkoordinasi dengan AirNav Indonesia," ujar Muhammad Awaluddin.

Saat ini Bandara Soekarno-Hatta juga tengah melakukan transformasi untuk meningkatkan operasional dan layanan bagi maskapai dan penumpang pesawat.

Berbagai pengembangan ini bertujuan mewujudkan Bandara Soekarno-Hatta sebagai referensi atau acuan bandara terbaik di Indonesia yang menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi.

"Pengembangan mengusung konsep green airport. Melalui pengembangan ini, jumlah penumpang rute internasional di Bandara Soekarno-Hatta akan ditingkatkan menjadi sedikitnya 40% dari total penumpang, bisnis non-aeronautikan ditingkatkan, lalu Bandara Soekarno-Hatta juga akan menjadi hub kargo di Asia," ujar Muhammad Awaluddin.

Guna menjadi hub kargo di Asia, Bandara Soekarno-Hatta telah memiliki rencana pembangunan Cargo Village untuk mengakomodir angkutan kargo hingga 2,5 juta ton per tahun atau jauh lebih besar dibandingkan dengan terminal kargo eksisting hanya 600.000 ton per tahun.

Di tempat yang sama, Senior Country Manager Indo-Pacific Region USTDA Alissa Lee-Barden mengatakan portofolio USTDA antara lain di bidang infrastruktur bandara.

USTDA dapat mendukung pengembangan bandara mulai dari tahap perencanaan, hingga melakukan modernisasi dan ekspansi.

"USTDA melakukan airport feasibility and master planning, modernization and expansion, engineering and design, serta safety and security," ujar Alissa Lee-Barden.

USTDA juga berpengalaman di bidang keamanan bandara, antara lain dalam memodernisasi dan mendesain titik keamanan (security checkpoint), pemeriksaan (screening) penumpang dan bagasi penumpang, serta pengembangan prosedur aviation security (Avsec).

Di samping itu, USTDA dapat mendukung peralatan dan kendaraan untuk pemeliharaan runway, serta peralatan dan kendaraan untuk keadaan darurat.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year