telkomsel halo

Eiger Adventure dan Lazada Indonesia perkuat kolaborasi, perkenalkan kemasan khusus

08:51:00 | 15 Jan 2023
Eiger Adventure dan Lazada Indonesia perkuat kolaborasi, perkenalkan kemasan khusus
JAKARTA (IndoTelko) - Brand penyedia perlengkapan kegiatan luar ruang asal Indonesia Eiger Adventure (EIGER), dan Lazada Indonesia (Lazada) memperkuat kolaborasi dalam inisiatif keberlanjutan (sustainability) untuk berkontribusi dalam mengatasi permasalahan sampah di Indonesia demi kelestarian alam dalam jangka panjang dan memastikan operasional bisnis yang berkelanjutan.

Komitmen kerja sama antara Eiger dan Lazada yang telah terjalin cukup lama ini diperkuat dengan memperkenalkan kemasan kardus bersertifikasi Forest Stewardship Council (FSC) dan lebih ramah lingkungan khusus untuk pelanggan Eiger yang berbelanja melalui platform Lazada. Selain itu, Eiger juga memperkenalkan Eiger Green Project dengan gerakan upcycling yang akan dijual secara eksklusif di Lazada.

Data pada Kementerian Kelautan dan Perikanan, Indonesia masuk urutan kedua penyumbang sampah plastik sejagat pada tahun 2019 dengan 3,21 Juta metrik ton/tahun. Ini membuat persoalan sampah selayaknya menjadi prioritas untuk segera ditangani. Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan menjadi salah satu faktor penyebab permasalahan sampah ini.

Kerja sama antara Eiger dan Lazada ditujukan diantaranya untuk mendorong dan mempromosikan perilaku lebih ramah lingkungan demi peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian bumi.

Dijelaskan GM Product & Sustainability Project Leader Eiger Adventure Harimula Muharam, sejak tahun 2021, Eiger telah mengukuhkan komitmennya untuk dapat menjadi bagian dari solusi permasalahan lingkungan. "Melihat perkembangan bisnis digital Eiger Adventure yang meningkat pesat khususnya melalui platform Lazada, kami menyadari adanya dampak yang dihasilkan terutama sampah plastik dari pengiriman barang kepada konsumen. Hal ini tentu menjadi tanggung jawab kami untuk dapat memberikan pengalaman berbelanja yang berkelanjutan kepada seluruh konsumen," katanya.

Kedua perusahaan ini berkomitmen untuk memulai rantai pasokan yang lebih ramah lingkungan dengan menggunakan material kardus pengiriman bersertifikasi FSC dan mengganti bubble wrap berbahan plastik menjadi honeycomb paper wrap dari hasil daur ulang limbah kardus. Dalam kemasan kardus tersebut, akan ada QR Code yang bisa dipindai dan mengarahkan pelanggan ke laporan keberlanjutan EIGER dan Lazada untuk memahami lebih lanjut inisiatif keberlanjutan dari kedua perusahaan.

Sementara, SVP Logistics Lazada Indonesia Adiputra Wiharja mengatakan, Lazada dan Eiger memiliki kesamaan semangat dalam upaya keberlanjutan untuk kelestarian alam. "Kami menyambut baik kerjasama lanjutan dengan Eiger untuk mempromosikan gaya hidup lebih ramah lingkungan. Kami berharap inisiatif yang dijalankan bersama Eiger ini bisa memberikan pengalaman berbelanja online yang lebih ‘hijau’ bagi para pelanggan Lazada dan mendorong brand lainnya di Indonesia untuk ikut berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan," jelasnya.

Eiger juga memperkenalkan Eiger Green Project melalui rangkaian produk Upcycling Collection vol.1, sebuah gerakan koleksi produk daur ulang yang dirancang untuk memberikan warna baru pada industri mode sekaligus berkontribusi pada lingkungan hidup. Produk upcycling dari Eiger diciptakan dari pemanfaatan produk yang tidak memenuhi standar kualitas atau tidak layak jual dengan tujuan untuk mengurangi limbah mode.

Menurut Harimula, melalui proses upcycling, pihaknya memberikan kesempatan kedua kepada produk-produk yang awalnya tidak layak jual. "Selanjutnya kami desain dan olah kembali menjadi produk baru dengan memberikan nilai tambah kepada produk tersebut, sehingga dapat diterima konsumen," katanya.

Ditambahkannya, nantinya konsumen dapat menjadi bagian dari gerakan tersebut dengan mengirimkan barang-barang mereka yang sudah tidak digunakan, untuk kemudian disortir oleh pihak Eiger dan diubah menjadi barang trendi baru. Pada Eiger Upcycling Collection vol.1, terdapat setidaknya 35 produk yang dihasilkan dari ratusan produk tidak layak jual. Rangkaian produk upcycling kedepannya akan dijual secara terbatas mengikuti ketersediaan bahan baku dan eksklusif hanya di EIGER Adventure Official Store di platform Lazada.

Menanggapi inisiatif tersebut, Adiputra menambahkan, pihaknya senang bisa menjadi bagian penting dari inisiatif Eiger ini dan yakin produk upcycling Eiger akan sangat diminati para pelanggan Lazada. "Kami berharap keberadaan produk upcycling dari Eiger ini bisa sekaligus mempromosikan gaya hidup lebih ramah lingkungan bagi masyarakat Indonesia pada umumnya dan pelanggan Lazada pada khususnya, sehingga semakin banyak orang berkontribusi pada upaya pelestarian alam Indonesia," jelasnya. (ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Kinerja INTI mulai membaik