telkomsel halo

OrderOnline tawarkan platform jualan online serba otomatis

07:52:44 | 11 Jan 2023
OrderOnline tawarkan platform jualan online serba otomatis
BANDUNG (IndoTelko) Platform OrderOnline.id adalah startup penyedia manajemen order berbasis website (toko online) yang berguna untuk mempermudah jualan online bagi para pemilik bisnis dan UMKM agar lebih efektif dan efisien.

Misi perusahaan ini adalah membantu para pemilik bisnis atau UMKM di Indonesia untuk dapat berjualan online. Ini sejalan dengan perkembangan tren jualan online atau e-commmerce yang kian meningkat sejak masa pandemi hinggat saat ini.

Kehadiran OrderOnline.id menjadi alternatif baru untuk berjualan secara online dengan menawarkan solusi yang terintegrasi dan manajemen jualan online yang serba otomatis.

OrderOnline.id hadir sebagai solusi permasalahan yang dirasakan oleh pelaku jualan online saat menjalankan bisnisnya, seperti tidak terdaftarnya pesanan, data pesanan yang berantakan, cash flow yang tidak jelas, pesanan sudah dibayar namun tidak kunjung diproses ke pengiriman, serta sulitnya memantau proses pengiriman pesanan. Berbagai kendala di ekosistem jualan online tentu menjadi perhatian bagi pelaku industri.

Ada 4 layanan utama yang ditawarkan, yaitu menampilkan produk berupa Funnel Builder & Storefront, menerima pesanan melalui formulir pemesanan dengan checkout form, mengelola pesanan secara otomatis dalam satu dashboard yang terintegrasi, serta mengirim pesanan dengan fitur logistik.

Dijelaskan Founder & CEO OrderOnline.id Rovan Alfarry, tren jualan online sejak pandemi hinggat saat ini meningkat cukup signifikan. Banyak para pebisnis terdampak saat pandemi tahun 2020 memaksa mereka menutup usahanya. Bagi pebisnis, kondisi pandemi menuntut mereka untuk berinisiatif dengan mencari platform baru sebagai sumber penghasilannya lewat berjualan online.

“Secara market, tren nya makin naik ya mungkin saat pandemi 2020, beberapa market ini mencari opsi lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan, juga ada yang udah memiliki bisnis harus tutup jadi mau tidak mau harus Go-online. Jadi hingga tahun 2022 dan 2023 trennya terus meningkat,” katanya.

Hingga tahun 2022, tercatat memiliki pengguna lebih dari 23.000, mayoritas adalah para pemilik bisnis online dan pelaku UMKM. OrderOnline.id kini telah menerbitkan sejumlah 110.600 landing page untuk membantu pemilik bisnis dan UMKM jualan secara online.

“Sekarang kita sudah membantu 23.000-an UMKM, kemudian perputaran transaksi sekitar 300 miliar rupiah perbulannya, dan itu akan bertumbuh terus jumlahnya”, ujar Rovan.


Selain itu, OrderOnline.id melihat ada beberapa kendala lain dilapangan yang dialami oleh pemilik bisnis dan UMKM saat menjalankan bisnisnya, yaitu kendala pengiriman barang seperti proses pick-up, pengiriman, rekonsiliasi tagihan, hingga cashflow. Adanya platform digital, penjual online mulai memanfaatkan berbagai jenis layanan yang mempermudah pengiriman sekaligus operasional bisnisnya.

OrderOnline.id berinisiasi meluncurkan fitur Logistik yang didesain khusus untuk mempertemukan antara 3PL (Third Party Logistic) dengan pelaku jualan online agar semakin mudah mengirimkan barang. Penjual online atau pelaku UMKM dapat mengirim paket atau barang yang telah dipesan dari pembelinya cukup melalui 1 dasbor. juga memilih jenis ekspedisi yang akan digunakan dan ditampilkan untuk dipilih oleh pembeli produk mereka.

Ada 3 unggulan fitur logistik OrderOnline.id, antara lain : transparansi, sistem ticketing & dedicated support, serta terintegrasi. Transparansi. Sistem ticketing memungkinkan setiap orderan dapat dipantau dan diinformasikan ke pengguna lewat notifikasi pemberitahuan jika ada masalah pengiriman, seperti penggantian kehilangan paket, paket rusak, over SLA, serta tagihan karena ketidaksesuaian berat barang aslinya.

Sementara, fitur logistik juga menyediakan Sistem Ticketing & Tim support yang selalu siap membantu (Dedicated Support). Pengguna dapat menyampaikan komplain ke pihak 3PL serta akan dibantu oleh Tim Support Logistik khusus dari OrderOnline.id dengan sistem Tiketing, sehingga akan dibantu dalam proses pecepatan masalah pengiriman.

Sistem OrderOnline.id terintegrasi dengan tujuh pihak 3PL (Third Party Logistic) atau ekspedisi te, sehingga seller dapat dengan cepat mengetahui jika terjadi kendala pada proses kiriman. Bahkan, merekomendasikan 3PL yang memiliki layanan dan performa terbaik di wilayah tujuan penerima tanpa perlu berurusan dengan berbagai pihak.

Guna mendukung pertumbuhan UMKM lewat fitur Logistik, OrderOnline.id telah bekerja sama dengan tujuh pihak 3PL atau ekspedisi ternama di Indonesia untuk menjembatani proses pengiriman barang/pesanan dari para pelaku bisnis online sampai ke tangan pembeli, mulai dari SiCepat, JNE, SAP, J&T, Ninja Xpress, JDL dan ID Express. (sg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Kinerja INTI mulai membaik