telkomsel halo

Riset Open Signal: Game dan Video Makin Moncer Pakai 5G

09:26:00 | 02 Dec 2022
Riset Open Signal: Game dan Video Makin Moncer Pakai 5G
JAKARTA (IndoTelko) -- Riset OpenSignal menyebutkan jika pengalaman menggunakan data internet di Indonesia sangat baik di jaringan 5G. Kecepatan 5G memang lebih baik dari Wifi maupun 4G, bahkan gamers pun akan sangat senang jika bermain game di jaringan 5G.

Menurut data OpenSignal, 5G memberikan pengalaman yang jauh lebih unggul daripada 4G dan Wifi. Hal ini sudah pasti akan memberikan dampak yang cukup signifikan bagi operator untuk tetap eksis di pasar. Yang pasti, operator telekomunikasi bisa meningkatkan pengalaman seluler pengguna Indonesia.

Sementara itu, 4G menawarkan kecepatan yang lebih daripada Wifi, kecepatan unduh 5G di Indonesia rata-rata hampir empat kali lebih cepat dari yang dihasilkan Wifi. Selain itu, pengguna smartphone Indonesia menikmati pengalaman terbaik saat streaming video di 5G, disusul dengan 4G yang terasa lebih baik dari Wifi. Namun, untuk game seluler multipemain, Wifi memberikan pengalaman superior ke 4G.

Data Opensignal menunjukkan bahwa kecepatan unduh yang dialami oleh pengguna smartphone di seluruh Indonesia rata-rata mencapai 17 Mbps saat mereka mengakses internet menggunakan 4G, lalu hanya 14,6 Mbps saat terhubung ke Wifi. Namun, dengan 5G, pengguna Indonesia mencatat kecepatan unduh rata-rata 54,6 Mbps — 3,3 kali lebih cepat dari 4G dan 3,9 kali lebih cepat dari Wifi.

Saat melihat kecepatan unggah seluler, pengguna Indonesia jelas mendapat manfaat dari koneksi ke 5G atau 4G daripada pakai Wifi. Kecepatan unggah mereka dengan 4G rata-rata 7,7 Mbps. Angka ini 2,4 Mbps lebih tinggi dari Wifi. Sementara itu, pengguna yang terhubung dengan 5G melihat kecepatan unggah rata-rata 19,6 Mbps atau 3,1 kali lebih cepat dari Wifi dan 2,5 kali lebih cepat dari 4G. Kecepatan unggahan sangat penting untuk berbagi ke media sosial, mengirim lampiran email berukuran besar, melakukan panggilan video, dan terhubung ke jaringan kerja menggunakan jaringan pribadi virtual (VPN).

Pengguna smartphone Indonesia juga memiliki pengalaman yang jauh lebih baik dengan layanan streaming video saat terhubung ke 5G daripada Wifi atau 4G. Dengan skor 67,4 poin, pengalaman Video 5G di Indonesia mendapat peringkat Sangat Bagus (65-75). Sayangnya, pengalaman tersebut mungkin agak tidak konsisten di seluruh pengguna, penyedia layanan ataupun dari sisi resolusi video. Sebagai perbandingan, layanan Wifi dan 4G menempati dua kategori lebih rendah dengan peringkat Cukup (40-55). Peringkat Sangat Bagus adalah peringkat tertinggi kedua untuk Pengalaman Video. 

Untuk game mobile multiplayer di Indonesia, Wifi memberikan pengalaman yang lebih baik daripada 4G. Dengan 68,3 poin (pada skala 100 poin), Wifi menempati satu kategori lebih tinggi dari 4G dalam bermain game. Sementara itu, pengguna Indonesia melaporkan pengalaman terbaik dengan 5G, dengan skor 77,3 poin, yang mendapatkan peringkat Baik. (sar)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year