telkomsel halo

TikTok Shoppable Live Stream, Jadi Tren Baru Belanja Online

08:31:20 | 09 Nov 2022
TikTok Shoppable Live Stream, Jadi Tren Baru Belanja Online
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) -- TikTok terus mengembangkan fitur di platform belanja yang kini sedang naik daun, TikTok Shop. TikTok Shop terus mengusung konsep Shoppertainment (entertainment-first, commerce second) dan telah menjadikan shoppable live stream sebuah tren baru dalam online shopping agar penjual dan merchant dapat berinteraksi dengan audiens mereka dengan cara yang menghibur tanpa meninggalkan aplikasi TikTok. Dengan maraknya brand dan merchant yang telah menggunakan fitur ini di festival belanja 10.10 lalu, TikTok Shop telah berhasil memecahkan dua (2) rekor MURI. Kini, merchants berbagai skala, termasuk UMKM, memiliki ragam cara kreatif untuk menarik calon pelanggan baru dan mengembangkan bisnisnya.

"Sesuai dengan konsep shoppertainment, TikTok Shop menghadirkan fitur-fitur yang mendukung pengguna untuk menikmati konten yang menghibur terlebih dulu, kemudian baru mengajak mereka untuk berbelanja, seperti fitur live stream dan video pendek. Saat ini, TikTok Shop telah menjadikan shoppable live stream sebuah tren baru dalam belanja online, karena lewat fitur ini penjual dan pembeli bisa berinteraksi dua arah. Untuk brand dan merchant kategori fashion, misalnya, pengguna bisa langsung bertanya seputar bahan dan ukuran suatu produk dan dapat langsung dijawab oleh merchant. Hal ini menjadikan sesi live stream lebih informatif dan dan tidak berjarak dengan pelanggan, sehingga dapat meningkatkan peluang penjualan," ujar Desey Muharlina Bungsu, Fashion Category Lead, TikTok Shop Indonesia.  

Kegiatan shoppable live stream ini telah menjadi alternatif dalam perdagangan modern, baik di Asia Tenggara dan di Indonesia. Berdasarkan Studi SEA Ahead Wave 5 yang dihimpun oleh perusahaan riset Ipsos, terdapat 69% konsumen di Asia Tenggara yang telah mengakses fitur shoppable live stream, dan 66% telah konsumen membeli produk menggunakan fitur ini. Di pasar Indonesia, sebanyak 78% konsumen mengaku pernah mendengar dan mengetahui tentang alternatif belanja melalui fitur shoppable live stream, di mana 71% di antaranya telah mencobanya dan 56% telah membeli produk melalui fitur ini. 

"Inovasi dalam kegiatan jual beli online tentunya dibutuhkan, terutama dalam menyediakan berbagai konten-konten menarik. Fitur shoppable live stream ini merupakan inovasi marketing yang dapat menjangkau lebih banyak pembeli potensial dengan cakupan yang lebih luas. Fitur ini sangat relevan dengan kebutuhan dan perilaku masyarakat, salah satunya gen Z dan milenial di era social commerce, mengingat di era ini masyarakat cenderung memanfaatkan platform digital untuk mencari informasi dan inspirasi sambil berbelanja atau sebaliknya. Shoppable live stream ini dapat meningkatkan engagement penjual dan brand partner dengan para customer, juga memungkinkan mereka untuk memberikan pemahaman yang lebih baik terkait produk yang mereka jual kepada para customer. Alhasil, penjual dan brand partner dapat menjaga share of mind untuk mempertahankan penjualan mereka. Harapannya, ke depannya kegiatan live stream ini akan terus berkembang dan bisa memberikan dampak positif lebih besar bagi perekonomian Indonesia," ujar Bima Laga, Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA).  

Hal tersebut terbukti di festival belanja 10.10 lalu, TikTok Shop telah berhasil memecahkan dua (2) rekor MURI dengan melakukan shoppable live stream terlama selama 10 hari nonstop bersama brand Roughneck 1991, dan akumulasi produksi video pendek terbanyak dalam waktu dua minggu dari kategori fashion. Brand Roughneck 1991 yang telah berhasil memecahkan rekor MURI untuk kegiatan live stream terpanjang selama 10 hari berturut-turut, mengaku memilih promosi di TikTok Shop karena melihat perkembangannya yang sangat pesat. Brand ini memilih untuk melakukan kegiatan promosi di TikTok Shop untuk menyasar konsumen millennial dan Gen-Z.  

"Di momen belanja 9.9 kami mulai inisiatif untuk melakukan live nonstop selama tiga hari berturut-turut, dan kegiatan ini membantu kami meningkatkan sales sampai 10 kali lipat dibanding hari biasa. Berkaca dari hasil inilah, kami melakukan lagi live selama 10 hari di momen 10.10, namun misi kami bukan lagi hanya meningkatkan sales, namun juga membawa misi untuk ikut program pemerintah #ProudofIndonesia untuk menyukseskan produk lokal," kata Muhammad Rusli Nur Ikhwan, Owner dari Roughneck 1991. 

Selain kegiatan live stream, fitur video singkat (short video) juga menjadi pilihan brand dan merchant di TikTok Shop untuk memasarkan produk mereka melalui konten yang menghibur. Secara kumulatif, terdapat 362.637 penjual dari kategori fashion telah meningkatkan jumlah unggahan video mereka, dan berhasil memecahkan rekor MURI atas akumulasi produksi video pendek terbanyak dalam waktu dua minggu dari kategori fashion. Banyak brand, merchant, serta kreator di TikTok Shop yang telah melihat hasil positif dengan mengunggah video singkat secara konsisten, membantu mereka mendapatkan pelanggan baru dan meningkatkan peluang penjualan.  

Bakti
"TikTok Shop telah mendukung pertumbuhan brand dan merchant lewat berbagai fitur yang mengedepankan unsur hiburan dan kemudian mengajak pengguna untuk berbelanja, seperti fitur shoppable live streams, video pendek, dan fitur Shopping Center yang baru-baru ini diumumkan. Dengan mengusung konsep shoppertainment di mana hiburan adalah poin penting dalam kegiatan berbelanja, TikTok Shop juga memberikan dukungan penuh kepada brand dan merchant, mulai dari merintis usaha, inkubasi, hingga menumbuhkembangkan bisnis. Brand dan merchant lokal (UKM) di TikTok semakin diberdayakan melalui program unggulan reguler TikTok Shop seperti TikTok Shop Seller Conference, Program Inkubasi Penjual TikTok Shop, Program Follow Me, dan Maju Bareng TikTok," tambah Desey. (sar)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year