telkomsel halo

Multipolar Technology dorong pentingnya cegah kebocoran data dengan IBM Guardium

05:04:00 | 06 Okt 2022
Multipolar Technology dorong pentingnya cegah kebocoran data dengan IBM Guardium
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) – PT Multipolar Technology Tbk (Multipolar Technology) menekankan pentingnya menjaga data sebagai aset penting perusahaan di era digital saat ini. Kebocoran data sensitif atau data personal dapat menyebabkan rusaknya kepercayaan pelanggan, dan menimbulkan kerugian berupa sanksi denda, bahkan pembubaran korporasi. Proteksi data sensitif dengan pemantauan aktivitas data secara real-time bisa dimungkinkan dengan solusi Database Activity Monitoring IBM Guardium.

Bagi Multipolar Technology, permasalahan umum bagi perusahaan yang memiliki banyak cabang adalah mengintegrasikan laporan audit ke pusat. Kadang, perusahaan juga sulit menerapkan perubahan kebijakan/konfigurasi dari pusat ke cabang. Belum lagi biaya tambahan untuk SDM yang menganalisa hasil log untuk kebutuhan audit dan compliance. IBM Guardium dapat membantu dalam melakukan monitoring dan mempermudah pelacakan database dan informasi perusahaan dalam satu dashboard, yang dipercaya bisa menjadi solusi pelaporan sesuai template yang telah ditentukan guna memenuhi persyaratan audit dan kepatuhan.

Yemmy Sukandar, Dept. Head Hybrid Database Multipolar Technology, mengatakan, "Aktivitas database dari berbagai sumber data harus dapat dimonitor dengan baik dan sistem pelaporannya tersedia dalam satu report yang terintegrasi. IBM Guardium bisa memonitor dan menjaga puluhan tipe Relational Database Management System (RDBMS) dan non-RDBMS di cloud dan on-premises yang kemudian disajikan dalam satu kesatuan report dan dashboard.”

Selain solusi yang harus patuh pada kebijakan atau aturan yang ada (seperti GDPR/General Data Protection Regulation, PCI DDS/Payment Card Industry Data Security Standard, dan SOX/Sarbanes-Oxley), teknologi dalam inovasi itu juga dapat dengan mudah melacak di mana data confidential disimpan, serta dapat dengan mudah diketahui apakah environment IT dan database yang dipakai memiliki celah keamanan, bug, leak, dan lainnya.

Peran IBM Guardium sebagai database activity monitoring adalah kemampuannya memproteksi data dan mempermudah monitoring aktivitas database dengan fitur lengkap dan powerful sehingga bisa memberikan notifikasi saat terjadi aktivitas mencurigakan dan memblokir aktivitas tersebut. “Dengan IBM Guardium, tim IT Security jadi lebih mudah melakukan pelacakan letak data rahasia yang tersimpan serta mengetahui apakah teknologi informasi dan database yang dipakai perusahaan memiliki celah keamanan, bug, leak, dan semacamnya. Kelebihan solusi IBM Guardium lainnya adalah dapat memantau aktivitas database dari berbagai sumber data dengan satu sistem pelaporan secara terintegrasi dan real-time. Untuk kebutuhan analisa data, report dan tabel juga bisa dengan cepat dikustomisasi dalam hitungan menit," ujar Yemmy.

IBM Guardium memiliki fitur data discovery yang bisa secara otomatis mencari personal data sehingga tidak ada personal data yang terlewatkan. IBM Guardium dapat berjalan di hardware on-premise seperti AIX, HP-UX, Linux, Solaris, Windows dan z/OS dan di cloud seperti Amazon EC2, IBM SoftLayer, Google, Microsoft Azure, dan Oracle.
Dijelaskan Yemmy, dibanding pesaingnya, IBM Guardium menduduki peringkat teratas di Forester Wave untuk data base auditing dan real time protection sampai saat ini. Berikut fitur yang dimiliki IBM Guardium:
● Template report, yang sangat memudahkan membuat user defined report
● Vulnerability assessment, untuk mengecek seberapa baik ketahanan database terhadap breach
● Change audit system, untuk melacak perubahan di file konfigurasi database
● Entitlement report, untuk review user privileges yang ada
● Classifier, untuk mencari data sensitif dalam database
● Redact, untuk masking data sensitif

Bakti
IBM Guardium dapat dibeli dalam bentuk hardware maupun software appliances. Keuntungan dari hardware appliances adalah IBM Guardium telah terinstal sehingga dapat mempercepat proses implementasi. Namun jika ingin di-instal di server yang dimiliki dapat membeli versi software appliance. (ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year