Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Kaspersky IoT Secure Gateway 1000, Kebal Semua Jenis Serangan

08:00:00 | 07 Jul 2022
Kaspersky IoT Secure Gateway 1000, Kebal Semua Jenis Serangan
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko)  -- Internet of Things (IoT) semakin memengaruhi perusahaan: menurut Gartner, 61 persen perusahaan sudah menunjukkan kematangan IoT yang tinggi. Mengingat beragamnya perangkat IoT dan risikonya terkait keamanan siber, jelas bahwa perangkat ini membutuhkan perlindungan terutama bila berbicara smart city dan infrastruktur penting. Cara-cara lama tidak cukup untuk melindungi IoT, sehingga solusi keamanan khusus menjadi sangat diperlukan.

Kaspersky IoT Secure Gateway 1000 adalah produk terbaru Kaspersky Cyber Immune untuk perusahaan yang sedang melakukan transformasi digital. Produk ini membantu perusahaan meningkatkan nilai bisnis dengan aliran data industrial yang baru. Gateway ini menghubungkan perangkat IoT dan controller dengan aplikasi bisnis dan platform awan. Produk ini memastikan keamanan interaksi antara IoT dengan perangkat lain serta keamanan data yang ditransfer melalui interaksi ini berkat hadirnya KasperskyOS di inti gateway dan kemampuan perlindungan dari serangan jaringan. Dengan produk ini, pengguna yang mengoperasikan sistem kota pintar (smart city) – termasuk utilitas, penerangan jalan, dan infrastruktur jalan – atau di bidang manufakturing atau proyek-proyek produksi dan distribusi energi, bisa mendapatkan sistem IoT yang aman dan visibilitas ke semua perangkat yang terkoneksi.

Tameng andal dari serangan jaringan dan ancaman gateway
Kaspersky IoT Secure Gateway 1000 yang baru adalah perangkat hardware dengan firmware berdasarkan KasperskyOS dan Advantech UTX-3117. Produk ini memastikan keamanan seluruh sistem IoT di level gateway berkat pendekatan secure-by-design dan kemampuan perlindungan built-in.

Gateway ini memberi perlindungan kepada perusahaan dari serangan terhadap jaringan, serangan D-DoS atau serangan Man-in-the-Middle, melalui firewall yang menggunakan prinsip Default Deny. Dengan begitu, hanya interaksi jaringan yang sudah mendapat persetujuan yang bisa melewati gateway. Selain itu, modul Intrusion Detection dan Intrusion Prevention (IDS/IPS) akan langsung mendeteksi dan memblokir kegiatan berbahaya.

KasperskyOS, yang ada di inti gateway, membuat gateway ini kebal terhadap hampir semua serangan. Sistem operasi ini memiliki mikrokernel yang meminimalisir risiko kerentanan dan mengurangi attack surface hanya melalui beberapa ribu baris kode. Jumlah minimal komponen terpercaya dalam sistem operasi, security domain isolation, pemindaian komunikasi antar-proses, dan arsitektur Multiple Independent Levels of Security (MILS) memastikan hampir semua jenis serangan tidak akan memengaruhi fungsi gateway. Tujuan keamanan produk ini sudah ditentukan sejak awal pembuatannya, sehingga Kaspersky IoT Secure Gateway 1000 aman sejak dari desain (secure-by-design).

Teknologi secure boot and update memastikan keaslian dan integritas firmware dan update gateway ini. Secure boot memblokir pengunggahan firmware saat gateway rusak atau diubah tanpa ijin. Secure update menjamin bahwa hanya update yang benar dari sumber terpercaya yang bisa diunggah ke perangkat.

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Tool yang nyaman untuk visibilitas dan manajemen keamanan perangkat IoT
Kaspersky IoT Secure Gateway 1000 membantu admin jaringan menjaga visibilitas dan kendali atas jaringan. Produk ini menunjukkan semua perangkat yang terhubung ke jaringan lalu mendeteksi dan mengklasifikasikan perangkat-perangkat baru hanya 1 menit setelah terhubung. Interface ini memberi tim TI atau TO detail yang dibutuhkan terkait perangkat, termasuk jenis, vendor, dan sistem operasi.

Produk ini dikelola melalui Kaspersky Security Center, dimana semua event keamanan bisa dilihat. Gateway ini mendukung protokol Syslog dan MQTT, yang mengizinkan semua event keamanan ditransmisi ke sistem eksternal, seperti SIEM atau platform awan seperti Microsoft Azure, Siemens MindSphere, AWS, IBM Bluemix, dan lain-lain. Kaspersky Security Center juga memfasilitasi administrasi terpadu dari produk enterprise Kaspersky, misalnya untuk perlindungan endpoint dan perlindungan awan. Pelanggan bisa melindungi perangkat IoT mereka secara menyeluruh, mulai dari gateway ke awan, dan mengelolanya melalui satu konsol administrasi sentral.

Bakti
“Dengan gateway baru ini, Kaspesky memperluas portofolio untuk perlindungan infrastruktur IoT. Pada 2021, kami meluncurkan Kaspersky IoT Secure Gateway 100, yang ditujukan untuk IoT industrial dan pengiriman data secara aman mulai dari manufakturing hingga aplikasi bisnis. Gateway generasi baru ini memberikan keamanan lebih untuk IoT dan fungsi-fungsi manajemen yang penting bagi industri dan operasional dengan syarat keamanan yang lebih baik, misalnya untuk kota pintar, jaringan transportasi, CCTV, dan infrastruktur penting. Pendekatan Cyber Immunity untuk firmware memastikan bahwa hampir semua serangan tidak akan memengaruhi status keamanan perangkat atau seluruh sistem IoT perusahaan,” jelas Andrey Suvorov, Head of KasperskyOS Business Unit, Kaspersky. (sar)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year