telkomsel halo

Program pembangunan ekosistem digital layanan BAKTI Kominfo masuk nominasi WSIS 2022

11:12:10 | 23 Apr 2022
Program pembangunan ekosistem digital layanan BAKTI Kominfo masuk nominasi WSIS 2022
JAKARTA (IndoTelko) - Program Pembangunan Ekosistem Digital yang diselenggarakan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo) berhasil menjadi nominator ajang World Summit on the Information Society (WSIS) Prizes 2022. Hal tersebut menandakan kualitas dan manfaat program yang diinisiasi BAKTI Kominfo diakui oleh forum telekomunikasi internasional.

WSIS adalah forum di bawah naungan International Telecommunication Union (ITU) yang mengganjar penghargaan untuk proyek teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di seluruh dunia, karena dinilai berdampak signifikan bagi keberhasilan perkembangan TIK di suatu negara.

Program BAKTI Kominfo menjadi nominasi di empat kategori, yakni: nominasi AL C1, atau kategori yang berkaitan dengan peran pemerintah dalam proses mempromosikan TIK untuk pembangunan.

Kemudian kategori Capacity Building, dan kategori pariwisata pada daerah tertinggal. Terakhir, program BAKTI Kominfo juga berpeluang mendapat penghargaan karena dinilai bermanfaat bagi kehidupan bisnis warga atau E-Business.

Pencapaian tersebut disambut positif Direktur Utama BAKTI Kominfo, Anang Latif. Menurutnya, keberhasilan program BAKTI Kominfo menjadi nominator penghargaan pada empat kategori menunjukkan bahwa program-program yang dilakukan untuk memberikan akses internet kepada masyarakat Indonesia mendapat sorotan dunia internasional.

"Program kami tidak hanya mendapatkan apresiasi di masyarakat yang terdampak, tetapi juga diakui oleh dunia Internasional," ujar Anang Latif, dikutip melalui keterangan resmi yang dirilis Kamis (17/3/2022).

Ia berharap, kerja keras BAKTI Kominfo dalam memperluas akses internet sampai ke daerah-daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (3T) di Indonesia mendapat dukungan masyarakat. Caranya adalah dengan memberikan suara (voting) agar program-program tersebut berhasil menyabet penghargaan WSIS Prizes 2022 melalui tautan https://bit.ly/3MDSVlb

Program Merdeka Sinyal 2024

BAKTI Kominfo terus berupaya mewujudkan cita-cita ekosistem digital nasional melalui pembangunan infrastruktur telekomunikasi di daerah guna meningkatkan akselerasi internet di Indonesia.

Empat layanan utama yang disediakan BAKTI Kominfo meliputi layanan akses internet, penyediaan base transceiver station (BTS), Palapa Ring, dan Satelit Multifungsi yang semuanya diberi nama Program Merdeka Sinyal 2024.

"Hasilnya, BAKTI Kominfo berhasil menyediakan layanan internet di 15.559 lokasi di kawasan 3T dan perbatasan (lastmile) sekaligus membangun 2.401 BTS dari target 7.904 lokasi," kata Anang Latif.

Selain itu, BAKTI Kominfo juga berencana membangun sekitar 150.000 lokasi akses internet dengan teknologi satelit. Palapa Ring dan Satelit Multifungsi adalah satelit yang diharapkan bisa memberikan dampak signifikan bagi perluasan akses Internet di daerah 3T.

"Melalui Direktorat Layanan TI untuk Masyarakat dan Pemerintah (LTIMP), kami juga telah mengimplementasikan 44 inisiatif ekosistem digital yang mencakup empat sektor yakni pendidikan dan literasi digital, pariwisata, UKM, serta layanan kesehatan dan pemerintahan," pungkasnya. (GPJ)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year