telkomsel halo

Uji coba layanan SATRIA-1 sukses

09:32:00 | 10 Dec 2023
Uji coba layanan SATRIA-1 sukses
JAKARTA (IndoTelko) - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika melaksanakan uji coba integrasi dan aktivasi Satelit Indonesia Raya (SATRIA)-1 di enam lokasi yaitu Kota Manokwari, Kota Jayapura, Kota Ambon, Kota Batam, Kota Kupang, dan Kota Banjarbaru.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi hadir dalam pelaksanaan uji coba integrasi dan aktivasi SATRIA-1 itu.

"Dari Jayapura bagaimana sinyalnya oke? Terus dari daerah mana lagi? Dari Jayapura bagus ya zoomnya? Dari Kupang? Mana lagi yang jauh, dari pulau-pulau? Dari Manokwari bagaimana? Ini masih tes ya bu Indah, bu Dirut?" Kata Menteri Kominfo dalam konferensi video melalui zoom pada Kamis, (7/12).

SATRIA-1 telah berhasil terkoneksi dengan internet dalam pelaksanaan tahapan uji coba integrasi dan aktivasi yang berlangsung pada Kamis, 7 Desember sekitar pukul 13.30 WIB.

Direktur Utama PT Pasifik Satelit Nusantara, Adi Rahman Adiwoso dan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo, Fadhilah Mathar turut hadir bersama Menkominfo Budi Arie Setiadi dalam pelaksanaan tahapan uji coba integrasi untuk kesiapan aktivasi SATRIA-1.

Dirut PT PSN, Adi Rahman Adiwoso mengatakan bahwa pelaksanaan tahap uji coba SATRIA-1 ini merupakan sebagian tes dari uji layak operasi. "Zoom ini menggunakan Satelit SATRIA-1 dan jaringan SATRIA-1. Bisa dibuktikan bahwa semuanya sudah mulai jalan," kata Adi Rahman Adiwoso.

Adiwoso berharap pelaksanaan tahap uji coba integrasi dan aktivasi SATRIA-1 ini dapat segera selesai sebelum akhir Desember 2023.

"Kita harapkan ini bisa selesai minggu depan secara teknis, disusul dengan masalah administrasi dan semoga sebelum Natal ada hadiah Natal pak," tuturnya.

Tahapan uji coba integrasi ini dilakukan setelah suksesnya peluncuran SATRIA-1 pada Juni 2023 lalu dan pada November 2023, SATRIA-1 telah sampai di orbit 146 Bujur Timur (BT).(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year