telkomsel halo

Di tengah Pandemi, Bandara Soetta terbaik di Asia Tenggara, ini alasannya

09:03:20 | 19 Apr 2022
Di tengah Pandemi, Bandara Soetta terbaik di Asia Tenggara, ini alasannya
JAKARTA (IndoTelko) - Protokol kesehatan menjadi aspek penting yang harus diterapkan semasa pandemi untuk melindungi kita dalam setiap aktivitas, mencegah munculnya varian baru dan menghentikan rantai penyebaran virus. 

Terkait hal tersebut, PT Angkasa Pura II berkomitmen penuh untuk menerapkan protokol kesehatan dengan baik di 20 bandara yang dikelola perseroan. 

Menurut President Director AP II Muhammad Awaluddin, protokol kesehatan yang diterapkan di bandara AP II sesuai dengan regulasi di dalam negeri serta praktik-praktik terbaik (best practice) di dunia internasional. 

“Moda transportasi paling efektif di negara kepulauan adalah pesawat udara. Bandara harus dapat menjaga rasa aman dan nyaman di tengah pandemi COVID-19 bagi masyarakat atau penumpang pesawat, sehingga sektor transportasi udara tetap dapat berkontribusi dalam penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional,” katanya.

Bandara-bandara AP II sendiri juga telah mendapat berbagai penghargaan global menyusul konsistensi dalam menjalani protokol kesehatan termasuk lewat inovasi Biosecurity dan Biosafety Management.

Salah satu bandara AP II yang paling banyak mendapat penghargaan global terkait penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19 adalah Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan pintu utama Indonesia dan bandara tersibuk di dalam negeri.

Berikut penghargaan atau pencapaian Bandara Soekarno-Hatta di tingkat global terkait dengan upaya pencegahan COVID-19:
1. The COVID-19 Airport Excellence Awards dari Skytrax
Skytrax mengumumkan 39 bandara yang pantas mendapatkan The COVID-19 Airport Excellence Awards. Di kawasan Asia Tenggara, terdapat dua bandara yang meraih penghargaan ini yaitu Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Changi (Singapura). 

Pemberian penghargaan ini berasal dari penilaian pelanggan terhadap sejumlah aspek kunci antara lain papan informasi mengenai COVID-19, kewajiban penggunaan masker, ketersediaan dan letak dari hand sanitizer, penanda jaga jarak, kewajiban melakukan jaga jarak, pengaturan kursi restoran/tempat makan, prosedur higienis saat pemeriksaan keamanan, jaga jarak saat pemeriksaan keamanan, imigrasi, kebersihan terminal penumpang dan kebersihan toilet

2. Best Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific) 2021 dari Airport Council International
Pada Maret 2022, Airport Council International mengumumkan bandara yang pantas mendapat penghargaan Best Hygiene Measures. 

Penghargaan ini diberikan ACI kepada setiap bandara yang memiliki prosedur dan layanan baru di tengah pandemi COVID-19 sesuai keinginan traveler guna memenuhi kebutuhan mereka, dan untuk memastikan lingkungan bandara tetap bersih dan aman di tengah pandemi.

Untuk di kawasan Asia Pasifik atau Best Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific), hanya ada 10 bandara yang berhasil merasih penghargaan tersebut, dan 6 di antaranya dikelola oleh AP II salah satunya yakni Bandara Soekarno-Hatta. 

3. Safe Travel Score 4.3 dari Safe Travel Barometer
Lembaga global Safe Travel Barometer memberikan Safe Travel Score mencapai 4.3 dari paling tinggi 5 bagi Bandara Soekarno-Hatta berdasarkan audit independen terhadap 34 inisiatif mencakup protokol kesehatan COVID-19, kenyamanan traveler dan keunggulanan layanan sisi udara dan sisi darat.

Skor yang diraih Bandara Soekarno-Hatta ini tertinggi di ASEAN dan menyamai skor dari Bandara Changi (Singapura). Di dalam penilaian sebelumnya, Bandara Soekarno-Hatta mendapat skor di bawah Bandara Changi. 

4. Airport Health Accreditation dari Airport Council International 
Bandara Soekarno-Hatta berhasil mendapat akreditas dari Airport Council International (ACI), yakni Airport Health Accreditation atas penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19. 

Pada 2020, Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara pertama di Indonesia yang meraih akreditasi ini. 

Sedangkan, tahun 2021, kembali Bandara Soekarno-Hatta berhasil meraih akreditasi ini untuk kedua kalinya. Penilaian selanjutnya akan dilakukan pada akhir tahun ini.

Dijelaskan Awaluddin, penghargaan dan apresiasi global yang berhasil diraih ini menjadikan Bandara Soekarno-Hatta sebagai salah satu bandara yang paling konsisten menerapkan protokol kesehatan di ASEAN. 

“AP II berterima kasih atas dukungan seluruh stakeholder termasuk pengunjung bandara dan penumpang pesawat, sehingga protokol kesehatan yang dijalankan di Bandara Soekarno-Hatta dapat diakui di tingkat global,” katanya.

Sejalan dengan 4 penghargaan dan apresiasi dari lembaga global tersebut, Bandara Soekarno-Hatta menjadi salah satu yang terbaik dalam menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19. (sg)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year