telkomsel halo

#ShopFest di Shopback tingkatkan pemesanan 6 kali

06:09:42 | 29 Dec 2021
#ShopFest di Shopback tingkatkan pemesanan 6 kali
JAKARTA (IndoTelko) - ShopBack telah menyelesaikan rangkaian festival belanja tahunan, ShopFest pada 12.12 lalu. Periode akhir tahun yang erat dengan kenaikan konsumsi belanja menyambut musim libur Natal dan Tahun Baru juga mendorong ShopBack berhasil mencatat kenaikan jumlah pengguna dan GMV sebesar 3x lipat, traffic sebesar 4x, dan order sebesar 6x lipat. Sementara itu dua kategori terpopuler sepanjang ShopFest September hingga Desember ini tetap dirajai oleh kategori Fesyen dan Kecantikan.

Tercatat ada total 473 merchant dan brand yang bergabung dalam #ShopFest2021, dengan Top 3 Merchant selama ShopFest diduduki oleh Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

Sementara Top 3 Online Travel Agencies (OTA) dipegang oleh Tiket.com, Agoda, dan Pegi-Pegi.

Destinasi penerbangan terfavorit selama ShopFest 2021 adalah Jakarta, Makassar, Surabaya, Medan, dan Denpasar, dan destinasi pemesanan hotel terbanyak terjadi di kota Malang, Surabaya, Jakarta,  Yogyakarta, dan Bandung.

Merk-merk lokal juga secara konsisten selalu menjadi salah satu pilihan konsumen Indonesia, dan sepanjang ShopFest 2021 merk-merk lokal favorit adalah: Madame Gie, Somethinc, Wardah, yang ketiganya adalah merk kecantikan, Erigo yang adalah merk fesyen dan Wings sebagai merk groceries dan home & living lokal yang paling digemari konsumen.

Waktu belanja favorit secara keseluruhan #ShopFest2021 masih sama: Puncak belanja tertinggi terjadi pada pukul 12 malam, dan puncak kedua tertinggi terjadi pada pukul 9 malam.

Selama ShopFest 2021, minat konsumen pada fitur gamification Misi Belanja di aplikasi ShopBack juga mengalami peningkatan partisipasi sebesar 2,5x dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Fitur tantangan Misi Belanja ini adalah salah satu inovasi ShopBack untuk meningkatkan traffic dan konversi klik ke transaksi dan menjadi fitur favorit pengguna ShopBack di tahun 2021.

ShopBack mencatat kenaikan GMV secara signifikan untuk brand elektronik Cooca Indonesia, yaitu sebesar 5x lipat, Philips Indonesia sebesar 10x, dan Samsung Mobile sebesar lebih dari 40x lipat.

Kategori terpopuler masih didominasi oleh Fesyen, Kecantikan, Home & Living, Groceries, serta Hobi dan Buku. Yang unik, pada 2 jam pertama 12.12, para ibu memanfaatkan momen promo tengah malam 12.12 untuk berbelanja kebutuhan Ibu dan Anak sehingga kategori Mom & Baby menjadi salah satu kategori yang mendominasi, menggeser kategori Groceries di antara lima kategori terpopuler di atas. Namun pada 2 jam terakhir di 12.12, kategori Groceries kembali menjadi incaran para konsumen dan menggeser posisi kategori Mom & Baby.

Kategori produk yang mengalami kenaikan paling signifikan selama 12.12 adalah Kecantikan, dengan kenaikan order sebesar 10x lipat.

“Di tahun 2022 nanti kami ingin lebih fokus lagi membuat campaign yang tepat sasaran pada karakter dan demografi pengguna. Sebagai perusahaan affiliate marketing, kami berfokus pada efektivitas conversion: dari jumlah kunjungan dan klik pengguna menjadi transaksi dan GMV. Melalui pendekatan kampanye dan inovasi yang tepat, kami yakin dapat meneruskan pertumbuhan bisnis kami di 2022,” tutup Country General Manager ShopBack Indonesia Galuh Chandra Kirana.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year