telkomsel halo

5G Telkomsel, live demo hingga peluncuran perdana

08:13:00 | 12 Aug 2021
5G Telkomsel, live demo hingga peluncuran perdana
JAKARTA (IndoTelko) - Diterimanya Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) teknologi 5G dari Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI), menjadi pertanda dan sahnya Telkomsel menggelar jaringan 5G di Indonesia. Telkomsel resmi menjadi operator seluler pertama yang menggelar jaringan 5G di Indonesia.

Saat ini jaringan 5G Telkomsel sudah mencakup 9 kota dengan menempatkan berbagai hotspot di beberapa titik strategis, antara lain : GraPARI Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta (Jakarta), GraPARI Merah Putih (Medan), GraPARI Batam Center (Kepulauan Riau), Institut Teknologi Bandung, Telkom University (Bandung), GraPARI Solo, GraPARI Pemuda (Surabaya), GraPARI Renon (Denpasar), GraPARI Mal Balikpapan Baru (Balikpapan), GraPARI Pettarani (Makassar).  Sementara untuk area perumahan sementara baru mencakp wilayah Jabodetabek terdiri dari Alam Sutera (Banten), Bumi Serpong Damai (Banten), Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk, Pondok Indah, dan Widya Chandra (DKI Jakarta).

Persiapan 4 tahun
Telkomsel menjadi pelopor dalam mempersiapkan implementasi teknologi 5G di Indonesia.   Meluncur mulus di Tanah Air, 5G Telkomsel ternyata sudah diperkenalkan dan dipersiapkan sejak 4 tahun lalu. 

Tepat 29 Mei 2017, Telkomsel berkolaborasi dengan Huawei untuk menggelar live demo 5G pertama di Indonesia. Bertempat di Jakarta, Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang menggelar live demo 5G di Indonesia. Pada uji coba tersebut, Telkomsel menggunakan spektrum frekuensi 70 GHz, dengan fokus pada implementasi 5G di sektor eMBB (enhanced Mobile Broadband). 

Jaringan 5G memiliki tiga keunggulan inovasi utama yang menjadi landasan dari setiap pemanfaatannya. Selain eMBB, ada uRLLC (Ultra-Reliable and Low Latency Communications), dan  mMTC (massive Machine Type Communication).

Asian Games
Momen Asian Games tak disia-siakan oleh Telkomsel untuk unjuk teknologi 5G.  Operator ini menyediakan area Telkomsel 5G Experience Center.  Telkomsel membawa seluruh pengunjung Asian Games yang hadir di area ini merasakan pengalaman teknologi dan jaringan 5G.

Telkomsel 5G Experience Center memberikan pengalaman eksklusif bagi pelanggan untuk mencoba dan merasakan berbagai teknologi yang didukung 5G. Selama 3 minggu, kita berkesempatan melihat dan merasakan beberapa implementasi 5G yang dihadirkan meliputi VR Cycling, VR Football, VR Driving, dan Autonomous Electric Vehicle. Bahkan yang menarik adalah, pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan robot yang ada di area tersebut. 

5G Telkomsel, live demo hingga peluncuran perdana

Telkomsel 5G Experience Center ini juga merupakan bentuk dukungan Telkomsel atas roadmap pemerintah Making Indonesia 4.0 atau jadikan Indonesia 4.0. Dengan menghadirkan pengalaman teknologi 5G pertama kali bagi masyarakat Indonesia selama Dalam Asian Games tersebut, Telkomsel memimpin bangsa Indonesia menuju masa depan.  Dibangun di atas fondasi teknologi sebelumnya, teknologi selular generasi kelima ini akan menghadirkan berbagai macam serta peluang baru bagi kehidupan. Telkomsel 5G Experience Center berisi beberapa aplikasi penggunaan seperti Live Streaming, Cycling Everywhere, Football 2022, Beat the Robot, Future Driving dan Autonomous Electric Vehicle yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Kala itu, si sela-sela peluncuran Telkomsel 5G Experience Center, Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, Telkomsel akan terus berupaya tanpa henti untuk membangun Indonesia dengan berinvestasi menghadirkan teknologi 5G demi meningkatkan produktivitas dan efisiensi bangsa sejalan dengan upaya pemerintah menuju Indonesia 4.0. "Melalui teknologi 5G, Telkomsel akan menghadirkan berbagai revolusi industri yang akan memperkuat Indonesia dalam berbagai bidang," kata Ririek.

5G Telkomsel, live demo hingga peluncuran perdana

Mobile World Congress
Selanjutnya, pada tahuh 2019, Telkomsel berkolaborasi dengan dua perusahaan teknologi terkemuka dunia, yaitu Cisco dan Huawei. Kemitraan ini diresmikan pada ajang Mobile World Congress 2019 di Barcelona yang mengangkat tema 5G: Intelligent Connectivity.

Kolaborasi dengan Cisco mencakup kesepakatan kedua belah pihak untuk membangun CDA 5G Test Hub yang akan memfasilitasi pengujian dan integrasi adopsi 5G di Indonesia. Sedangkan kemitraan dengan Huawei mengarah ke penguatan upaya kolaboratif untuk mendorong pengembangan infrastruktur teknologi. Wujudnya melalui Joint Innovation Center 5.0, eksplorasi layanan digital, dan pengembangan talenta digital.

Tak sampai disitu, upaya nyata Telkomsel dalam mengakselerasi implementasi 5G.  Pada 28 November 2019, Telkomsel melaksanakan Telkomsel 5G for Industry 4.0 untuk menjalankan uji coba jaringan 5G di lingkungan industri. 

Pada penyelenggaraan uji coba 5G ini, Telkomsel juga berkolaborasi dengan Ericsson, salah satu mitra strategis Telkomsel yang telah berpengalaman sebagai penyedia jaringan 5G di seluruh dunia, untuk menghadirkan beberapa use-case atau implementasi teknologi terkait penyediaan solusi layanan sektor industri yang terintegrasi dengan layanan jaringan 5G.  

Inisiatif bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika yang digelar di Batam tersebut menghadirkan berbagai macam use case, mulai dari Smart Air Patrol, Smart Surveillance, Immersive Collaboration, Future City Planning, 5G Call, Immersive Entertainment, Seamless Gaming, hingga Industry 4.0 Enabler.

Melalui use-case tersebut, Telkomsel memberikan kesempatan bagi para pelaku industri untuk melihat dan mencoba secara langsung sejumlah penerapan 5G yang mampu menunjang operasional perusahaan.

Telkomsel juga menjadi yang pertama di Indonesia dalam melakukan panggilan video berbasis aplikasi dengan menggunakan smartphone yang sudah didukung jaringan 5G. Uji coba 5G terpadu ini dilaksanakan demi mendukung transformasi digital di industri, sekaligus mengakselerasikan kemampuan para pelakunya untuk memaksimalkan teknologi dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Menutup tahun 2019, Telkomsel kembali melakukan uji coba 5G, inisiatif ini dilakukan di tengah penyelenggaraan edisi pertama The NextDev Summit, konferensi teknologi yang menghubungkan tech-enthusiasts, pelaku startup, komunitas, hingga investor.

Uji coba pada Desember 2019 ini, Telkomsel berkolaborasi dengan Huawei untuk menghadirkan berbagai use case 5G yang terdiri dari AI-based Smart City with Intelligent Operation Center, Cloud Virtual Reality and Gaming Industry, Smart Airport Ground Handling, Smart Education, Safe City, Smart Agriculture, dan Smart Finance. Masyarakat khususnya pengunjung berkesempatan untuk langsung melihat dan mencoba sejumlah penerapan teknologi jaringan 5G tersebut.

Volte dan Orbit

Tahun 2020, Telkomsel terus berupaya memperkuat langkahnya dalam mematangkan ekosistem teknologi di Indonesia untuk mengadopsi 5G, sekaligus mendorong tumbuhnya berbagai alternatif solusi teknologi terbaru melalui pemanfaatan jaringan terdepan.

Telkomsel resmi  meluncurkan beragam layanan inovatif seperti Voice-over Long Term Evolution (VoLTE) dan Telkomsel Orbit serta menjalankan berbagai inisiatif strategis seperti mendukung penerapan Open RAN di Tanah Air. 

Akhirnya di tahun 2021 ini, Telkomsel semakin memantapkan langkah dalam menghadirkan teknologi jaringan 5G di Indonesia. Semangat untuk menjadi “The First 5G Operator” semakin berkobar setelah Telkomsel ditetapkan sebagai pemenang lelang frekuensi di spektrum 2,3 GHz selebar 20 MHz oleh Kemkominfo RI.

Telkomsel menjalankan Uji Laik Operasi (ULO) sesuai yang disyaratkan sebaga rangkaian persiapan penyelenggaraan jaringan 5G yang sesuai regulasi.

Hasilnya, Telkomsel resmi menerima Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) teknologi 5G dari Direktur Jenderal Pos dan Telekomunikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Senin, 25 Mei 2021. 

Telkomsel secara resmi meluncurkan layanan Telkomsel 5G dengan mengusung tema “5G: Unlock the Future”. Semangat yang dibawa dalam peluncuran ini menunjukkan komitmen Telkomsel untuk menghadirkan layanan Telkomsel 5G untuk membuka potensi masa depan yang tak terbatas bagi Indonesia. Peluncuran Telkomsel 5G sekaligus menjadi milestone penting bagi Telkomsel yang genap 26 tahun hadir melayani Indonesia tepat pada 26 Mei 2021 yang lalu. 

Telkomsel akan memaksimalkan pemanfaatan 5G untuk menghadirkan beragam produk dan layanan digital baru yang mampu mentransformasi kehidupan dan mengimplementasikan keunggulan jaringan 5G untuk lebih mendorong pertumbuhan digital connectivity, digital platform, dan digital services di Indonesia serta pengembangan solusi teknologi masa depan seperti artificial intelligence, cloud computing, dan Internet of Things. 

5G dari Telkomsel akan mengubah cara masyarakat belajar, bekerja, berbelanja, menikmati hiburan digital, hingga mengakses layanan kesehatan berbasis teknologi menjadi lebih mudah dan efisien.  Telkomsel juga akan mengoptimalkan pemanfaatan 5G untuk UMKM serta industri lintas sektor seperti kesehatan, logistik, manufaktur, pertanian, pertambangan, dan lain-lain, melalui solusi yang dapat memungkinkan cara kerja baru yang dapat meningkatkan produktivitas dan inovasi. 

Jaringan dan layanan Telkomsel 5G yang hadir di Tanah Air, merupakan konsistensi Telkomsel dalam upaya mendukung rencana strategis Kementerian Kominfo RI untuk membangun fundamental digital nasional secara lebih terstruktur dan masif. Salah satu pondasinya yaitu dengan mendorong percepatan transformasi digital di tiga aspek, yakni masyarakat, pemerintahan, dan bisnis.

Menteri Kominfo RI Johnny G. Plate di sela-sela peluncuran 5G Telkomsel beberapa waktu lalu mengatakan,  Indonesia memasuki babak baru teknologi telekomunikasi modern karena jaringan 5G Telkomsel sudah mulai bisa dinikmati oleh masyarakat, sekaligus memperkuat upaya Telkomsel yang selalu di depan dan bergandengan tangan bersama para pemangku kepentingan untuk memajukan ekosistem digital di Indonesia. 

"Kementerian Kominfo sebagai fasilitator, regulator, dan akselerator pun akan terus mendorong pengembangan dan pemanfaatan jaringan 5G dan menghapus disparitas internet di Indonesia. Kami pun berharap Telkomsel bisa terus berkolaborasi bersama pemerintah pusat dan daerah hingga para pelaku industri untuk memastikan penyelenggaraan 5G bisa berjalan dengan lancar,” katanya.

Kebanggaan juga disampaikan Menteri BUMN Republik Indonesia Erick Thohir atas peluncuran perdana jaringan 5G Telkomsel.  “Saya bangga Telkomsel berhasil menjadi operator seluler pertama yang meluncurkan jaringan 5G secara komersial di Indonesia. Kehadirannya akan menjadi game-changer terhadap transformasi digital di Tanah Air, termasuk dalam hal penguasaan teknologi di dalam negeri, serta menjadi kunci pengembangan daya saing usaha dan kemajuan bangsa," kata Erick.

Erick berharap, dengan 5G, Telkomsel akan terus bersama dengan pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat dalam menginisiasi lebih banyak produk, solusi, dan inovasi yang mampu mendorong kematangan ekosistem dan ekonomi digital nasional secara inklusif dan berkelanjutan. (sg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan