Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Logo Baru Telkomsel

Tingkatkan layanan, tak sekedar berubah

14:51:00 | 12 Jul 2021
Tingkatkan layanan, tak sekedar berubah
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - Kehadiran logo baru dari Telkomsel tidak sekedar perubahan dari segi tampilan yang lebih menarik dan mengikuti perkembangan jaman.  Telkomsel yang kini bertransformasi menjadi digital telecom company juga harus mengatur strategi tersendiri untuk megembangkan bisnisnya.
 
Operator ini menyadari bahwa menjadi perusahaan telekomunikasi saja tidak cukup dalam menghadirkan berbagai solusi dan produk digital yang inovatif dan berkualitas dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Apalagi kebutuhan konsumen dan masyarakat kita akan layanan digital makin beragam dan dinamis. 
 
Identitas Telkomsel kali ini menunjukkan semangat untuk lebih membuka peluang bagi masyarakat dalam memaksimalkan potensi Telkomsel di segala aspek kehidupan melalui kemungkinan tanpa batas. 
 
Ada beberapa brand principles yang dibawa Tekomsel usai melakukan perubahan  logo perusahaan. Telkomsel akan membawa layanan yang variatif dalam menjawab kebutuhan setiap pelanggan agar dapat lebih menikmati hidup dengan kemudahan teknologi dan gaya hidup digital masa kini. 
 
Menggabungkan beragam produk dan layanan berkualitas dalam satu brand, di bawah naungan satu nama "Telkomsel" menjadi pilihannya. Bagi Telkomsel, yang dilakukan akan membawa pengalaman bermakna, karena semua yang Telkomsel lakukan akan membawa pada peluang baru dalam memaksimalkan potensi, baik dari individu maupun industri. 
 
Harapannya, dengan Telkomsel yang baru, semua dapat membuka dan memaksimalkan peluang menuju penemuan dan awal untuk sebuah perubahan, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia. 
 
Satu nama Brand Prabayar
Adanya perkembangan teknologi dan digitalisasi gaya hidup masyarakat, Telkomsel dulu dan kini,  selalu akan berfokus untuk menyediakan produk dan layanan terbaik bagi pelanggan di seluruh usia, dengan misi dan semangat yang sama yaitu peningkatan gaya hidup digital di Indonesia.
 
Telkomsel melakukan penggabungan layanan prabayarnya yang terdiri dari simPATI, KartuAs dan LOOP menjadi Telkomsel PraBayar, dengan desain starter pack baru.  Desain ini tak hanya  dihadirkan sekedar penyegaran, namun bagian dari strategi operator nomor satu di Tanah Air ini.
Tingkatkan layanan, tak sekedar berubah
 
Kalau dirunut sejarahnya, ketiga produk tersebut sudah lama beredar di Indonesia. Kartu Simpati adalah yang paling awal meluncur dibandingkan dengan Kartu AS serta Loop. Simpati diperkenalkan Telkomsel pada tahun 1997 atau pada 24 tahun yang lalu. Simpati yang cukup familiar kala itu adalah Simpati Nusantara.
 
Setelah itu, Telkomsel menambah produk prabayarnya dengan Kartu AS sebagai alternatif Simpati dan tarifnya cenderung lebih murah. Prabayar yang merambah pasar menengah ke bawah ini diluncurkan pada tahun 2004 dengan slogan Pas Buat Semua. Dilanjutkan dengan Prabayar Loop. Loop diluncurkan pada tahun 2014. Loop hadir ditujukan untuk segmen kawula muda dengan tarif yang cukup bersahabat.
 
Sedangkan produk pasca bayar Telkomsel yang bernama Kartu Halo, juga ikut berubah nama seperti produk prabayar.  Sejak saat ini Kartu Halo diubah menjadi Telkomsel Halo.
 
Dijelaskan VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin, langkah penggabungan dan perubahan ini sebagai transformasi dalam wujud integrasi produk-produk dan layanan yang akan memberikan kemudahan, serta kenyamanan pelanggan. "Oleh karena itu, untuk menyederhanakan brand strategi dari seluruh layanannya, Telkomsel mengubah pendekatan multi brand menjadi monolithic brand," katanya.  
 
Denny yang akrab disapa Kang Abe ini menambahkan, dalam seluruh komunikasi kepada pelanggan, akan selalu mengedepankan brand Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi dan digital terpercaya bagi masyarakat Indonesia.  
 
Bagi pelanggan setia produk Prabayar dan Pascabayar yang sudah menggunakan produk tersebut sebelum adanya perubahan nama dan logo brand menjadi Telkomsel Prabayar dan Telkomsel Halo akan dapat terus menikmati seluruh layanan, paket produk, dan aturan yang berlaku tanpa harus mengganti nomor maupun kartu SIM.
 
Selanjutnya, terkait Kode Akses UMB pembelian paket telpon (voice) dan SMS layanan prabayar simPATI (*999#), KartuAS (*100#), dan LOOP (*567#) dan pascabayar KartuHalo (*111#) tetap dapat digunakan setelah perubahan brand produk menjadi Telkomsel Prabayar dan Telkomsel Halo. Sedangkan untuk Kode Akses UMB pembelian paket kuota data/internet, baik untuk brand produk Telkomsel PraBayar maupun Telkomsel Halo tetap menggunakan UMB *363#. Sedangkan untuk pengecekan pulsa layanan prabayar tetap menggunakan Kode Akses UMB *888#. Sedangkan, khusus untuk produk prabayar digital by.U, masih menggunakan nama dan desain logo yang sama dan tidak ada perubahan akses layanan.
 
Begitu pula untuk layanan aplikasi informasi dan pembelian produk MyTelkomsel, tidak ada perubahan nama, hanya perubahan desain logo dan interface/tampilan muka aplikasi yang menyesuaikan dengan UI/UX yang lebih dinamis.  
Tingkatkan layanan, tak sekedar berubah
 
Pelayanan dan Customer Service
Peningkatan pelayanan juga dilakukan Telkomsel di sektor ini.  Pelayanan customer touch point (layanan purna jual) Telkomsel baik walk-in (GraPARI) maupun layanan Call Center, Virtual Assistant, dan layanan digital lainnya, tetap menghadirkan layanan seperti biasa dan akan semakin dikembangkan untuk lebih memberikan kemudahan kepada pelanggan. 
 
Selanjutnya, khusus untuk layanan walk-in GraPARI, secara bertahap tata ruang dan desain ruang pelayanan akan mengikuti penggunaan desain logo terbaru. Sedangkan Akun sosial media dari masing-masing produk prabayar sebelumnya (@simpati, @kartu_as, @loop_id) akan diintegrasikan ke @telkomsel dimana konsumen bisa mendapatkan informasi promosi dan produk serta layanan terbaru dalam satu sumber terintegrasi. 
 
Terkait produk yang sudah beredar, ada beberapa yang perlu diperhatkkan, antara lain :
1. Produk SIM prabayar (simPATI, KartuAs, dan LOOP) yang masih ada di mitra distributor dan reseller sebelum adanya perubahan logo brand Telkomsel Prabayar, Telkomsel tidak akan melakukan penggantian ataupun penarikan stok kartu SIM Prabayar. Kartu SIM Prabayar tetap dapat dijual hingga masa kadaluwarsa kartu SIM berakhir. 
2. Selanjutnya, per 18 Juni 2021, secara bertahap Telkomsel akan mulai melakukan distribusi kartu SIM Telkomsel Prabayar dengan desain Starter pack terbaru ke seluruh mitra distributor dan reseller Telkomsel. 
3. Pun aplikasi DigiposAja! untuk mitra reseller Telkomsel tetap dapat digunakan seperti biasa, tanpa ada perubahan fitur. 
(tep)
 
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Permata