Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Cara Daruma hindari praktik bakar duit

11:31:51 | 22 May 2021
Cara Daruma hindari praktik bakar duit
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - Daruma adalah salah satu B2B E-Commerce lokal yang diakui dan dikenal oleh hampir seluruh perusahaan di Indonesia khususnya bagi mereka yang berada di daerah industri seperti Cikarang, Banten, Surabaya, Balikpapan, Batam dan sekitarnya.

Perjalanan Daruma sebagai salah satu platform B2B E-Commerce nomor satu di Indonesia tentunya tidaklah mudah, beberapa kali harus ditinggal oleh General Manager yang menjabat, bak tertimpa tangga di saat yang sudah cukup buruk COO Daruma yakni Darma Saputra harus meninggalkan perusahaan untuk sementara waktu demi melanjutkan pendidikan di Amerika. Sebagai salah satu startup yang bernaung dibawah Somagede group, Daruma diharapkan dapat memberikan solusi untuk jalannya pengadaan yang lebih transparan.  

Setelah empat tahun Daruma berhasil menjadi salah satu startup B2B E-Commerce yang stabil di Indonesia tanpa menerapkan strategi “bakar duit” yang selama ini lekat dengan startup baru. Model bisnis B2B tidak mengalami pertumbuhan secepat B2C lantaran pasar B2B cenderung lebih susah untuk diserap jika dibandingkan dengan B2C, Daruma cukup bangga dengan pertumbuhan stabil di angka 4-5 kali lipat per tahunnya. Tercatat Daruma telah memiliki lebih dari 3.500++ perusahan yang telah menjadi buyer di Daruma, dengan top 10 buyer mencapai pembelian Rp30 miliar pertahun.

"Kami lebih fokus untuk menyerap pasar SME (Small Medium Enterprise) jika dibandingkan dengan lare corporation, karena kami berangkat dari keinginan untuk menjadikan seluruh proses pengadaan barang dan jasa lebih transparan. Untuk mengedukasi masyarakat luas mengenai hal ini tentunya kami harus mulai dari startup, small medium company, kami yakin bahwa dengan upaya kami selama ini pertumbuhan Daruma pada akhir tahun akan kami maksimalkan di angka 7 kali lipat," ucap CEO Daruma Herry Wijaya.

Dijelaskannya, strategi perseroan untuk mengurangi “bakar duit” lebih berfokus pada penggunaan online marketing dan event marketing, kuncinya adalah menarik interaksi melalui beberapa fitur bisnis seperti permintaan penawaran instan yang dapat diakses tanpa harus berinteraksi dengan sales terkait, fitur pembayaran tempo dengan syarat dan ketentuan yang semakin dipermudah dan terakhir adalah gratis pengiriman yang diberikan untuk seluruh transaksi di Daruma.

Paket Semangat Kemerdekaan
"Ketika mereka sudah mendapatkan seluruh kemudahan proses belanja dalam genggaman, tentu saja kami jamin mereka akan kembali ke Daruma ditambah dengan adanya pandemi kini semua proses pengadaan lebih diutamakan online. Dengan hal inilah kami berani bersaing tanpa adanya strategi bakar duit yang marak dilakukan oleh startup, mengingat Daruma tidak menerima adanya pendanaan dari pihak luar," tambah Herry Wijaya.

Daruma adalah B2B Platform ecommerce (belanja B2B online) di indonesia dengan tingkat pertumbuhan diatas 300% per tahun yang menawarkan pengalaman belanja lebih nyaman, mudah dan menyenangkan. Daruma hadir dengan komitmen untuk mendukung industri kecil dan menengah melalui platform B2B yang memberikan informasi produk yang akurat, menyediakan barang ready stock serta jaminan pengiriman tepat waktu. Sebagai salah satu website B2B lokal belanja online terbaik di Indonesia, Daruma memiliki lebih dari 150.000 produk, 1.000++ brand resmi, dan 14 kategori yang selalu terupdate setiap saat, sehingga proses belanja online B2B semudah satu kali klik di website daruma.co.id.

Sebagai B2B E-Commerce lokal nomor 1 di Indonesia, Daruma selalu berusaha untuk mengedepankan customer first sebagai salah satu DNA kami. Maka dari itu Daruma selalu menyediakan beragam promo yang dapat kamu akses setiap hari tanpa henti, untuk promo perlengkapan kantor kami memiliki Smart Office Supplies yang menyediakan seluruh kebutuhan kantor kamu siap antar, promo ini dapat diakses pada hari senin-rabu.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year