telkomsel halo

Synnex Metrodata Indonesia dan Intel gelar Indonesia Edge AI Challenge 2021

08:17:08 | 25 Feb 2021
Synnex Metrodata Indonesia dan Intel gelar Indonesia Edge AI Challenge 2021
Solution Business Director PT Synnex Metrodata Indonesia, Lie Heng (dok)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - Setelah berhasil menyelenggarakan kompetisi berbasiskan Artificial Intelligence(AI), PT Synnex Metrodata Indonesia (“SMI”)—salah satu entitas anak Metrodata Group yang fokus dibidang Distribusi Teknologi, Informasi dan Komunikasi bersama Intel kembali menyelenggarakan kompetisi bergengsi yaitu Indonesia Edge AI Challenge 2021 (“Edge.AI Challenge”).

Kompetisi iniakan menyasar perusahaan (korporasi) dan Independent Software Vendor(ISV) yang sudah menggunakan teknologi AI dalam aplikasi dan solusi yang dikembangkan dan siap dipasarkan.

Saat ini industri kreatif nasional harus mampu merebut pasar global, bersaing dengan negara-negara lain dan menjadi duta Indonesia di kancah internasional. Kecerdasan buatan (AI) memungkinkan bagi mesin untuk belajar dari pengalaman, menyesuaikan dengan hal-hal baru dan melakukan pekerjaan yang dilakukan manusia.

Dalam laporan IDC, Artificial Intelligence Global Adoption Trends & Strategies (IDC #US45120919), merangkum hasil survei global dari 2.473 organisasi yang menggunakan solusi kecerdasan buatan (AI) dalam operasi mereka. Oleh karenanya SMI bersama Intel ingin mengembangkan ekosistem ISV agar lebih berkembang dan lebih banyak Market Ready Solutiondi Indonesia.

Dikatakan Solution Business Director PT Synnex Metrodata Indonesia, Lie Heng, tawaran menarik dari Intel untuk menyelenggarakan kompetisi Indonesia Edge AI Challenge 2021ini sangat menantang. "Kami akan fokus mencari mitra bisnis/ISV yang sudah memiliki solusi-solusi yang siap di pasar. Selain itu, kami harus terus berinovasi dan memberikan ide-ide baru yang berdampak dapat mengembangkan pasar dan tentunya ini juga berkat keberhasilan kami dalam menyelenggarakan Kompetisi OpenVINO Hackathon selama 2 tahun berturut-turut. Nilai tambah lainnya dari kompetisi ini adalah kami akan menawarkan kontrak kerjasama distribusi atas solusi terbaik mereka”, kata nya.

Sementara itu Director APJ Territory Channel Scale and Partners, Arunava Chakrabarty mengatakan, “Kami mendorong perusahaan-perusahaan lokal dari Indonesia untuk memulai ekosistem teknologi untuk hadir dengan solusi AI-IOT inovasi mereka pada 10 kategori dalam EDGE AI. Intel dan SMI sangat bersemangat dalam kesempatan ini dapat bekerjasama dengan mereka untuk menampilkan teknologi AI-IOT Indonesia pada dunia.”

Dalam event ini telah ditetapkan beberapa kategori yaitu AI Bots/Chat bots, Transportation – Logistics & Tracking, Emotion & Behavioral AI – Situational Monitoring, Financial, Asset & Operations Optimization, Healthcare AI – Human Wellness Monitoring, Consumer/Retail/AI Technology – Interactive Displays, Energy Monitoring & Management, Environment Monitoring, Control Optimization & Automation, Manufacturing – Machine Condition Monitoring,dan Product Inspection.

Kompetisi Indonesia Edge AI Challenge 2021 terbagi dalam 3 (tiga) tahap, antara lain :

Tahap 1, pendaftaran akan dibuka  sampai dengan tanggal 28 Februari 2021 (untuk semua korporasi yang memiliki solusi dengan teknologi apapun). Kemudian akan dipilih 10 (sepuluh) dari masing-masing kategori untuk penentuan 1 (satu) pemenang yang akan mendapatkan hadiah senilai Rp 10 juta/pemenang.

Paket Semangat Kemerdekaan
Tahap 2, pemenang dalam Tahap 1 mendapat kesempatan mengikuti pelatihan tentang ecosystemdan materi lainnya bersama Intel, serta diberi kesempatan untuk mengembangkan dengan menggunakan produk Intel.

Tahap 3, bagi pemenang yang mengikuti Tahap 2 mengirimkan proposal (sudah menggunakan produk Intel) dan akan dipilih 3 (tiga) pemenang terbaik dan berhak mendapatkan hadiah uang tunai. Selain itu, pemenang juga akan mendapatkan pendampingan dalam memasarkan solusinya guna meningkatkan solusi mereka yang telah diverifikasi oleh Intel menjadi Market Ready Solution(MRS). Bagi korporasi/ISV  yang berminat mengikuti Edge.AI Challenge dapat mendaftar melalui situs resmi https://edgeaichallenge.id/

Tersedia hadiah dengan total nilai Rp 100 juta untuk 10 (sepuluh) kategori (pajak hadiah ditanggung oleh pemenang) dan berkesempatan mendapat bimbingan langsung dari para ahli untuk pengembangan produk mereka, serta dukungan dari sisi pemasaran. Selain itu, peserta juga akan mengikuti program ‘inkubasi’ guna memperluas solusi dan jangkauan pasar hingga ke seluruh dunia. Juridalam Edge.AI Challenge adalah juri yang kompeten dibidangnya, diantaranya dari Kantor Pusat Intel & SMI. Diharapkan Grand Finaldapat diumumkan pada bulan September 2021. (sg)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year