telkomsel halo

Pemerintah minta marketplace awasi harga barang di platform

13:45:57 | 26 Mar 2020
Pemerintah minta marketplace awasi harga barang di platform
JAKARTA (IndoTelko)- Pemerintah meminta marketplace untuk mengawasi harga jual yang ditawarkan mitra merchant di platform yang dikelolanya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengimbau kepada seluruh platform digital agar ikut memantau dan menjaga ketersediaan harga barang dan jasa tetap stabil selama Pandemi Covid-19.

“Pemerintah mengimbau agar harga barang dan jasa di platformnya tidak ada kenaikan yang tidak terkendali,” tutur Johnny, kemarin.

Menanggapi hal itu, Co-founder and Vice-Chairman Tokopedia, Leontinus A. Edison mengaku proaktif menghimbau para merchant untuk melakukan praktek etika bisnis yang baik, ikut serta menjaga ketersediaan barang, juga menjaga harga supaya tidak melambung terlalu tinggi.

Dikatakannya, Tokopedia akan terus mendeteksi melalui kemampuan big data ketika ditemukan adanya kenaikan harga barang dan jasa yang melampaui etika dalam berbisnis.

"Kami bisa blokir otomatis, kemudian jika masih lolos dari sistem, kami mempunyai fitur 'Laporkan'. Walaupun tim kami work from home, kita standby untuk selalu mereview semua laporan yang masuk, dan kita akan swiping  berdasarkan standar dan aturan yang berlaku,” tegasnya.

Lebih lanjut, Edison mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen mendukung imbauan pemerintah agar secara bersama-sama menghadapi wabah Covid-19. Sehingga selain menjaga etika bisnis yang baik, Tokopedia sejak 16 Maret lalu telah menjalankan Work From Home.

“Walaupun kami bekerja dari rumah, 100% full capacity telah menjadi komitmen kami dalam memberikan layanan kepada pengguna Tokopedia, dan kepada masyarakat Indonesia pada umumnya,” jelasnya.

Tokopedia juga terus berkoordinasi dengan mitra kerjanya untuk mengikuti prosedur yang sesuai dengan standar kesehatan dan kebersihan yang baik, “Seperti misalnya secara reguler disemprot desinfektan, kurir pengantar juga secara reguler menggunakan masker, dan mencuci tangan dengan Hand sanitizer,” imbuhnya.

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin mengatakan pihaknya berkomitem untuk mendukung masyarakat bisa berbelanja dari rumah melalui layanan yang disediakan. Bukalapak juga memastikan ketersediaan barang dan harga yang diberikan dalam batas wajar.

“Operation kita tetap berjalan seperti biasa, dan kami juga akan selalu berusaha untuk memastikan ketersediaan barang dan juga harganya masih tetap dalam batas-batas yang wajar,” kata Rachmat.

Menurut Rachmat Bukalapak akan terus melakukan monitoring untuk memastikan tidak adanya lonjakan harga di luar kewajaran.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year