telkomsel halo

Aplikasi KIPIN School sediakan literasi kesehatan Kemendikbud

03:00:00 | 08 Dec 2019
Aplikasi KIPIN School sediakan literasi kesehatan Kemendikbud
JAKARTA (IndoTelko) - Pendidikan.id melalui aplikasi KIPIN School mendukung Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meningkatkan budaya membaca atau literasi siswa khususnya bidang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Sekolah Dasar. 

Pendidikan.id sebagai platform pendidikan digital di Indonesia yang juga berperan penting dalam melahirkan karya-karya komik literasi sebagai bahan bacaan utama siswa sebelum jam pelajaran dimulai. 

Gerakan literasi untuk mewujudkan nawacita sekolah ini diatur dalam Peraturan Menteri no. 23 tahun 2013 yang mewajibkan siswa membaca buku bacaan literasi selain buku pelajaran selama 15menit sebelum jam pelajaran dimulai.

Kerjasama Komik Literasi Pendidikan.id dan Kemdikbud ini diharapkan mampu menanamkan kecintaan membaca pada anak-anak sejak usia dini. Selain buku pelajaran, video, dan paket tryout, Pendidikan.id menyediakan komik literasi seri moral budi pekerti, kesehatan, ilmu pengetahuan, sejarah dan pahlawan. 

Pemerintah khususnya Kemdikbud menggalakkan gerakan literasi di setiap sekolah, mengingat budaya literasi anak Indonesia yang masih tergolong sangat rendah.

Dilihat dari survey tingkat internasional PISA (Program for International Student Assessment) yang dinaungi oleh OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) menunjukkan tingkat kemampuan literasi anak Indonesia berada di peringkat ke 74 dan total 79 negara peserta dengan perolehan skor sebanyak 371. Angka skor tersebut masih di bawah rata-rata skor OECD yaitu 487.

Kemampuan literasi survei PISA 2018 pada anak Indonesia menunjukkan adanya penurunan dibandingkan survei PISA tahun 2015 yang mendapatkan skor sebanyak 397.

Semua konten belajar berupa buku pelajaran kurikulum pemerintah, video pelajaran, paket tryout dan komik literasi ini dapat unduh dalam satu aplikasi bernama “KIPIN SCHOOL 4.0” dan website Kemdikbud. Semua konten tersebut dapat diunduh secara gratis. (wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year