telkomsel halo

Titipku.com raih Australia Awards in Indonesia Short Term

10:06:47 | 11 Mar 2019
Titipku.com raih Australia Awards in Indonesia Short Term
JAKARTA (IndoTelko) - Titipku baru saja memenangkan Australia Awards Indonesia dalam program Short Term Award untuk Startup Ecosystems. 

Sebagai platform digital berbasis web dan aplikasi untuk membantu digitalisasi UMKM di Indonesia, Titipku mejadi salah satu dari 25 peserta program yang berlangsung dari bulan Maret 2019 hingga bulan Juli 2019 di Australia.

Australia Awards merupakan program beasiswa internasional prestigius dan terbesar yang diadakan oleh Pemerintah Australia untuk seluruh negara sahabatnya. Short Term Awards adalah kategori baru Australia Awards di Indonesia, melengkapi Long Term Awards yang telah berjalan selama lebih dari 60 tahun. 

Di dalam kategori Short Term Award, terdapat program Start-up Ecosystem yang mengajak wirausaha, inovator dan founder startup untuk belajar di Australia selama 5 bulan. Start-up Ecosystem Short Term Awards dari Australia Awards sendiri bertujuan untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam mengembangkan ekonomi digital di Indonesia, menciptakan komunitas startup yang kuat, digitalisasi pasar tradisional dan menciptakan lebih banyak modal untuk startup di Indonesia.

Untuk mendapatkan Australia Awards in Indonesia Short Term – Startup Ecosystem 2019, Titipku telah melewati beberapa tahap seleksi dan bersaing dengan ribuan entri yang masuk. Beberapa kriteria perlu dipenuhi untuk menjadi 25 peserta Australia Awards in Indonesia Short Term – Startup Ecosystem 2019, diantaranya startup harus memiliki dampak sosial, aplikatif dan dapat menghubungkan Indonesia – Australia.

“Kami sangat bahagia bisa mendapatkan Australia Awards in Indonesia Short Term – Startup Ecosystem 2019 ini. Harapannya, setelah mengikuti program ini, Titipku dapat semakin berkembang dari segi fitur dan cakupannya sehingga kami mampu memajukan UMKM tidak hanya di Yogyakarta dan Jabodetabek, tapi di seluruh Indonesia bersama para generasi milenial Indonesia. Melalui Program Australia Award ini pula, saya harap produk UMKM Indonesia dapat dikenal hingga ke ranah Internasional,” kata CEO Titipku Henri Suhardja dalam keterangan (11/3).

Mengedepankan fitur ‘Jelajah’ pada aplikasi, Titipku berharap dapat menggandeng jutaan tangan anak muda Indonesia untuk lebih peduli terhadap kemajuan UMKM dengan membuatkan toko online UMKM di dalam platform Titipku. Misi sosial Titipku ini telah didukung oleh kerjasama dengan berbagai kelembagaan, antara lain Bank Indonesia Yogyakarta, Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM (PLUT) Yogyakarta, Dinas Perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Yogyakarta, dan beberapa Universitas ternama di Yogyakarta. Hal inilah yang membawa Titipku untuk mengikuti Program Australia Awards di tahun 2019.

Sampai saat ini, sudah lebih dari 800 anak muda ‘Penjelajah’ yang telah berkontribusi untuk membantu 6.000 UMKM atau pedagang kecil di seluruh Indonesia untuk go digital. UMKM yang dijelajah adalah 100% usaha asli Indonesia dan melalui platform Titipku, produk-produk UMKM atau pedagang kecil tersebut bisa dijangkau oleh calon pembelinya atau ‘Nitipers’ di seluruh Indonesia. 

Tidak hanya itu, Titipku juga membuka lapangan pekerjaan baru sebagai mitra ‘Jatiper’ untuk menyalurkan barang dari UMKM ke konsumen dengan waktu yang fleksibel, mudah, aman, dan nyaman. Dengan adanya Titipku, diharapkan mampu memperkuat perekonomian Indonesia dengan UMKM yang semakin maju mengingat dari 63 juta UMKM yang ada di Indonesia, baru 10% yang go digital.

Versi terbaru aplikasi Titipku sudah dapat digunakan secara nasional dan sudah digunakan lebih dari 15.000 pengguna.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year