Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Tokoin dukung UKM di Surabaya Go Online

12:51:31 | 24 Feb 2019
Tokoin dukung UKM di Surabaya Go Online
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
SURABAYA (IndoTelko) – Tokoin, platform digital berbasis teknologi blockchain akan terlibat dalam program Pejuang Muda Surabaya yang diprakarsai oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Tokoin berkomitmen dalam memfasilitasi para pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) agar dapat memaksimalkan pertumbuhan usahanya lewat fasilitas bisnis yang mereka butuhkan. 

Pasalnya, UMKM Indonesia memiliki potensi bersaing di pasar berkembang taraf global yang akan semakin pesat berkembang dengan bantuan pinjaman kredit usaha, permodalan, layanan logistik hingga asuransi usaha. 

Bank Indonesia mengeluarkan ketentuan bagi institusi keuangan khususnya bank, untuk memberikan porsi kredit bagi UMKM sebesar 20%. Rasio kredit ini masih sangat jauh dibandingkan dengan kredit untuk sektor korporasi. Padahal, jumlah UMKM yang ada di lapangan jauh lebih besar daripada jumlah korporasi.  

Tujuan Tokoin adalah untuk menciptakan suatu ekosistem bisnis yang kondusif mempertemukan UMKM dengan institusi finansial.

Telkom Marketing 2
“Kami melihat bahwa UMKM memang identik dengan modal kecil tapi sangat berpotensi untuk berkembang dengan sangat masif. Sementara di sisi lain, bank juga punya kewajiban dalam membantu UMKM. Dengan Tokoin, kami membantu mempertemukan UMKM dengan institusi keuangan dalam sebuah ekosistem bisnis yang menguntungkan buat kedua belah pihak," kata Business Developer Tokoin, Eddy Christian dalam keterangan kemarin.

Rangkaian acara Tokoin Roadshow ini juga didukung oleh B2B marketplace Ralali.com sebagai Strategic Partnership Tokoin. Ada kesamaan misi yang membuat Tokoin dan Ralali.com berjalan beriringan untuk memajukan UMKM Indonesia.

Angkasa Pura 2
"Tokoin memiliki misi yang sama dengan kami, yaitu ingin menyediakan UMKM sebuah platform yang memudahkan mereka berakselerasi. Berpartner dengan Tokoin tentu saja menjadi perwujudan simbiosis mutualisme. Dari user-user yang sudah ada dalam platform kami (Ralali), Tokoin sudah memiliki basis pengguna yang siap difasilitasi. Dan bagi kami (Ralali), platform blockchain yang Tokoin kembangkan, memberikan nilai lebih atas data-data yang user Ralali input. User-user kami memiliki kesempatan mengembangkan bisnis lebih besar dengan implementasi blockchain,” kata Head of Business Community Development Ralali.com Zebedeus Rizal Hantoro.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma