telkomsel halo

Transaksi eCommerce naik tiga kali lipat selama Ramadan

13:44:46 | 04 Jul 2018
Transaksi eCommerce naik tiga kali lipat selama Ramadan
JAKARTA (IndoTelko) - ShopBack mencatat peningkatan transaksi hampir 3 kali lipat sepanjang Ramadan tahun ini, dengan rata-rata belanja hingga Rp 1,2 juta.

Berdasarkan data historis Shopback, jumlah pemesanan dan transaksi meningkat tajam di minggu kedua Ramadan. Hal ini disebabkan di minggu tersebut kebanyakan dari masyarakat menerima gaji bersamaan dengan THR.

“Walaupun kondisi rupiah yang melemah terhadap dollar, tidak berpengaruh terhadap daya beli masyarakat selama Ramadan. Sepanjang Ramadan tahun ini, daya beli konsumen Shopback meningkat hingga 74% dibandingkan dengan tahun lalu,” ungkap Country Head of Shopback Indonesia Indra Yonathan dalam keterangan, kemarin.

Menurutnya, peningkatan jumlah transaksi dan pemesanan di situs eCommerce tidak lepas dari beragam program promo dan diskon besar-besaran dari masing-masing pelaku eCommerce dan marketplace. Sebut saja Shopee dengan Big Ramadhan Sale atau Lazada dengan program PuaSale.

“Berdasarkan mini-survey yang Shopback lakukan baru-baru ini terhadap lebih dari 500 responden yang senang berbelanja online di Jabodetabek, program diskon/voucher  serta cashback menjadi dua faktor utama yang mempengaruhi keputusan mereka berbelanja sepanjang bulan Ramadan,” katanya.

Berdasarkan survei yang sama, terungkap tiga kategori produk yang menurut responden paling banyak menguras pemasukan mereka selama bulan Ramadan. Adapun ketiga kategori produk tersebut meliputi, fesyen dan aksesori, pulsa, dan groceries.

Peningkatan nilai transaksi di ketiga jenis kategori ini juga tercatat di data internal Shopback, dengan persentase masing-masing 78,6% untuk kategori fesyen dan aksesoris, 64.7% untuk pulsa serta 18,8% untuk groceries.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year