telkomsel halo

Ramadhan Express bawa pedagang kue subuh Go Online

06:24:11 | 02 Jun 2018
Ramadhan Express bawa pedagang kue subuh Go Online
JAKARTA (IndoTelko) - Program Ramadhan Express berhasil membawa sejumlah pedagang pasar kue subuh di kawasan Pasar Senen, Jakarta Pusat memiliki "toko online" dalam aplikasi GrabFood.

Program Ramadhan Express digelar Kementerian Kominfo, Kementerian Koperasi dan UMKM, bersama enam marketplace, dengan target membawa UMKM yang berjualan barang kebutuhan masyarakat di bulan Ramadan dapat berjualan online.

"Baru mulai di Pasar Kue Subuh, Senen. Gerakan UMKM Jualan Online Ramadhan Express. Ini bagian dari upaya Kominfo mendorong UMKM untuk memanfaatkan berkah ramadan," kata Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang PMO dan Ekonomi Digital Lis Sutjiati, dalam keterangan, kemarin.

Pemilihan lokasi Pasar Kue Subuh Kawasan Senen dilatari banyaknya pedagang yang ada di sini.  "Ada lebih dari seribu penjual kue di sini. Tanpa mereka punya smartphone, hanya handphone saja bisa punya toko online di grabfood," jelas Lis Sutjiati.

Menurut Lis Sutjiati, pola jemput bola untuk memberikan peluang bagi pedagang kue di kawasan Pasar Senen ini juga akan berlangsung di sejumlah kota lain di Indonesia. "Seperti di sini, kegiatan dimulai dengan berbagi pengalaman dari artis atau pengusaha yang bisnis UMKM-nya sukses karena berjualan online. Kemudian, para relawan akan datang ke kios-kios untuk membantu pedagang daftar di market place dan berjualan online,” tambah Lis Sutjiati.

Diklaimnya, semua penjual antusias, warungnya sudah bisa di-order online. "Senang sekali lihat mereka bahagia, semua pedagang sepanjang jalur yang saya lalui bilang sudah daftar untuk dapat giliran di-onboarding. Dan mereka minta saya pesan lewat grab," ungkapnya.

Status onboarding sebagai penanda bahwa UMKM atau pedagang yang bersangkutan sudah memiliki lapak online dan bisa dipesan melalui aplikasi. "Tahapan yang akan dilalui mulai dari onboarding atau mendorong pelaku UMKM offline menjadi online kemudian active selling atau pendampingan transaksi online," tambahnya.

Tak hanya berhenti sampai pendampingan transaksi, setiap UMKM akan didampingi untuk meningkatkan skala bisnisnya. Kemudian, scale up business untuk meningkatkan skala bisnisnya, hingga go internasional.

Kegiatan Ramadhan Express melibatkan enam market place besar di Indonesia, yaitu Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Blanja, Shopee, dan GrabFood. Ramadhan Express akan berlangsung selama dua minggu dari tanggal 29 Mei 2018 hingga 12 Juni 2018. Adapun kota tempat pelaksanaan antara lain Banda Aceh, Bandung, Jakarta, Makassar, Padang, Samarinda, Solo, Surabaya, Bukit Tinggi dan Tasikmalaya.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year