telkomsel halo

Jaman now, buka rekening bank bisa di kedai kopi

11:48:09 | 01 Feb 2018
Jaman now, buka rekening bank bisa di kedai kopi
JAKARTA (IndoTelko) – Bank DBS terus berinovasi dalam mendekati segmen “Kid Jaman Now” atau generasi millenials.

Setelah meluncurkan aplikasi mobile digibank by DBS, kini bank yang getol bermain digital banking ini merilis  layanan Elektronic Know Your Customer (eKYC) yang memungkinkan nasabah millennials untuk membuka rekening dengan segala kemudahan yang ditawarkan yaitu diantaranya, tidak perlu ke bank dan mengisi banyak formulir.

Para calon nasabah khususnya kaum millennials dan early worker dapat membuka rekening digibank hanya dengan otentifikasi e-KTP untuk verifikasi biometrik yang bisa dilakukan di beberapa kedai kopi di wilayah Jakarta, Tangerang, Bandung dan Surabaya.

Terobosan inovatif e-KYC pada digibank ini merupakan salah satu upaya Bank DBS Indonesia dalam memenuhi kebutuhan masyarakat urban saat ini yang serba cepat, serba instan, namun tetap memenuhi peraturan pemerintah Indonesia, khususnya peraturan mengenai Penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU dan PPT).

Prosedur KYC (Know Your Customer) dari Bank Indonesia yang mengharuskan pihak bank untuk bertemu dengan nasabah dan biasanya dilakukan di kantor cabang kini dapat diikuti dengan cara terbaru yang menyenangkan dan memudahkan nasabah.

e-KYC pada digibank berfungsi untuk mengenali dan memverifikasi calon nasabah sebagai bagian dari proses yang dibutuhkan untuk mengecek keabsahan nasabah yang seluruh prosesnya dapat dilakukan secara elektronik.

“Kami saat ini berfokus untuk menyasar target pasar para millennials dan early worker sebagai nasabah digibank by DBS, dengan memberikan cara unik dalam membuka rekening yang terbaru, yaitu melakukan verifikasi biometrik di e-KYC store. Hal ini merupakan bukti nyata kami di ranah digital innovation dalam dunia perbankan,” kata Head of Digital Banking Bank DBS Indonesia Leonardo Koesmanto dalam keterangan, kemarin.

Sejak peluncuran pertama, verifikasi identitas calon nasabah telah dilakukan dengan menggunakan agen digibank yang dapat mendatangi calon nasabah di tempat calon nasabah berada. Janji temu dilakukan semudah memanggil sarana transportasi online.

“Kini, digibank by DBS hadir lebih dekat untuk menemani keseharian masyarakat, terutama kaum millennials dan early worker, yang banyak melakukan kegiatannya di tempat nyaman, seperti kedai kopi, sembari menikmati kopi dan bersantai, tetapi tetap dapat melakukan aktivitas perbankan, termasuk pembukaan rekening. Sehingga ini yang kita sebut Live More, Bank Less sekaligus menerapkan inklusif keuangan di kalangan millennials,” katanya.  

Nantinya, di kedai-kedai kopi tersebut, akan terdapat alat verifikasi biometrik untuk membantu proses verifikasi identitas calon nasabah.

Saat ini, tercatat 21 kedai kopi yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Surabaya telah resmi menjalin kerjasama dengan Bank DBS Indonesia dalam program e-KYC store ini. Kedai-kedai kopi tersebut juga akan memberikan secangkir kopi secara gratis kepada nasabah baru digibank by DBS yang berhasil melakukan proses verifikasi biometrik.

Seperti diketahui bahwa Millennials adalah generasi pertama dari era digital yang menjalani sebagian besar hidupnya melalui ponsel yang digenggamnya.

Namun pada sisi lainnya, generasi millennials juga dikenal sebagai generasi yang sulit untuk mengadopsi kebiasaan menabung.

Riset yang dilakukan oleh Crowd DNA dalam pengawasan Facebook, terhadap 1,000 respondennya yang berusia antara 13 sampai 24 tahun, didapat bahwa 79% dari responden masih memikirkan mengenai pentingnya menabung bagi masa depan mereka.

Senada dengan hal tersebut, riset yang lebih mendalam dilakukan oleh George Washington Global Financial Literacy Excellence Center terhadap 5.500 millennials menunjukkan bahwa hanya 24% yang mengerti prinsip dasar keuangan.(pg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year