Smart City Nusantara akan bikin Serang makin digital

11:59:04 | 03 Mar 2017
Smart City Nusantara akan bikin Serang makin digital
Walikota Serang H TB Haerul Jaman, SE (tengah) dalam kunjungan ke Living Lab Smart City Nusantara milik Telkom beberapa waktu lalu.(Foto:TLKM)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) terlihat benar-benar serius menyiapkan Kota Serang sebagai smart city di Indonesia.

Pada Selasa (28/2) lalu, GM Witel Telkom Banten Muskab Muzakkar membawa rombongan Walikota Serang H TB Haerul Jaman, SE ke Living Lab Smart City Nusantara (SCN) milik operator pelat merah itu di Jakarta.

Living Lab SCN adalah fasilitas yang bertujuan memberikan edukasi kepada pucuk  pimpinan di daerah untuk mengetahui implementasi solusi kota cerdas dari platform smart city nusantara.

Smart City Nusantara adalah upaya Telkom agar pemerintahan daerah dapat mengembangkan dan mengimplementasikan konsep smart city secara baik dan benar namun tidak meninggalkan ciri khas daerah atau kearifan lokal dan budaya setempat. (Baca: Living Lab SCN)

“Hasil kunjungan dari Walikota Serang setelah melihat langsung platform SCN, sejumlah aplikasi akan diadopsi dan diintegrasikan dengan aplikasi eksisting yang dimiliki Kota Serang,” ungkap Koordinator Living Lab Smart City Nusantara Imanuddin kepada IndoTelko, Jumat (3/3). 

Smart City Nusantara akan bikin Serang makin digital

Diungkapkannya, akan dibuat sejumlah aplikasi pendukung E-Government  seperti Command Center dan Data Center, adopsi aplikasi E-Pelaporan, Mini Command Center PU+ GisPDA, absensi Online, dan penguatan titik WiFi di sejumlahlokasi.

“Akan dibuat gedung untuk pusat smart city lengkap dengan infastruktur ICT pendukung. Pada 10 Agustus mendatang direncanakan launching Serang Smart City,” pungkasnya.(Baca: Serang Smart City)

Secara terpisah, GM Witel Telkom Banten Muskab Muzakkar mengatakan akan mempercepat proses modernisasi infrastruktur kabel tembaga ke fiber optik di Serang. “Let's being fiber to millions homes let's Indihomeze NKRI. Ini bukan slogan saja di Banten, tetapi kita buktikan untuk NKRI,” tegasnya.(id)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories