telkomsel halo

Gerhana Matahari, 4G Telkomsel dan XL Bertarung di Belitung

10:19:09 | 09 Mar 2016
Gerhana Matahari, 4G Telkomsel dan XL Bertarung di Belitung
Presiden Direktur XL, Dian Siswarini memanjat menara BTS 4G di area Tanjung Tinggi, Belitung, Selasa (8/3). (dok:XL)
JAKARTA (IndoTelko) – Peristiwa Gerhana Matahari Total (GMT) tak hanya menyajikan fenomena alam yang luar biasa, tetapi juga menghadirkan EL Clasico antara Telkomsel dan XL Axiata di Belitung.

Kedua operator seluler ini saling adu kuat menghadirkan layanan 4G di Belitung yang menjadi salah satu jalur yang dilewati GMT. (Baca juga: Pertarungan XL dan Telkomsel)

Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi mengungkapkan jaringan Telkomsel 4G LTE beroperasi secara total untuk melayani para pelanggan di Belitung, termasuk wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Layanan Telkomsel 4G LTE hadir mencakup lebih dari 90% inner city Kabupaten Belitung serta Belitung Timur dan dapat ditemukan di berbagai lokasi utama seperti Bandara, Hotel BW, Bundaran Batu Satam,  Manggar serta tempat wisata populer seperti Pantai Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang, dan Tanjung Pendam.

“Layanan Telkomsel 4G LTE beroperasi secara baik untuk melayani kebutuhan komunikasi berbasis layanan data dari para wisatawan yang datang menumpuk baik dari dalam dan luar negeri. Tingginya penggunaan layanan data Telkomsel juga dapat terlihat dari melonjaknya angka peningkatan sebesar 387% dibandingkan dengan hari normal pada lokasi-lokasi pengamatan gerhana, dimana lokasi Pantai Kelayang & Tanjung Tinggi menjadi lokasi dengan kenaikan paling tinggi,” kata Sukardi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/3).

Ditambahkannya, selain peningkatan trafik layanan data, juga terjadi peningkatan roamers di Belitung dengan kenaikan sebesar 44% yang kebanyakan dari wisatawan mancanegara asal Malaysia, Singapura, Tiongkok dan Amerika Serikat.

Secara total Telkomsel mengoperasikan secara khusus sebanyak 15 BTS 4G di Belitung yang melayani pelanggan dengan kualitas layanan data terbaik saat terjadinya peristiwa Gerhana Matahari Total.

Layanan Internet cepat Telkomsel 4G LTE yang digelar dengan frekuensi hingga 20 Mhz ini pun diharapkan akan memberikan pengalaman mobile digital lifestyle terbaik kepada pelanggan, dimana aktivitas menggunggah foto dan video akan terjadi dengan lebih cepat, sehingga pelanggan dapat berbagi momen istimewa peristiwa Gerhana Matahari Total secara real-time.

XL
Sementara itu, Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini mengatakan sejak pekan lalu, pelanggan XL dan masyarakat Belitung telah bisa menikmati dan memanfaatkan layanan internet cepat 4G LTE.

“Implementasi 4G LTE ini sekaligus menjadi respon kami atas penetapan Belitung sebagai salah satu destinasi wisata nasional unggulan oleh pemerintah. Apalagi kali ini Belitung menjadi sorotan dunia karena menjadi salah satu spot terbaik untuk mengamati Gerhana Matahari Total. Kami berharap, dengan layanan internet cepat 4G LTE dari XL, kepopuleran Belitung akan semakin mendunia,” kata Dian.

Dian menambahkan, untuk mendukung layanan 4G LTE ini, pada tahap awal XL menempatkan 10 BTS 4G. Wilayah yang akan ter-cover adalah Tanjung Pandan, area Tanjung Binga hingga Tanjung Tinggi, dan Manggar di wilayah Belitung Timur. XL telah menyiapkan jaringan 4G LTE sejak satu bulan terakhir agar segera dapat dinikmati oleh masyarakat dan wisatawan yang datang ke Pulau Belitung.

Sejak pertama kali XL hadir di pulau ini sekitar tahun 2004, langsung menjadi pilihan utama masyarakat untuk memenuhi kebutuhan layanan telekomunikasinya. Saat ini di Belitung, sekitar 85% pengguna layanan seluler menggunakan kartu XL.

Belitung telah terlayani oleh layanan XL 3G di hampir semua area. Ada sebanyak lebih dari 120 BTS di seluruh Belitung, dan hampir seluruhnya adalah BTS 3G.

Selain di Belitung, layanan 4G LTE dari XL juga siap melayani pelanggan dan masyarakat yang menyaksikan peristiwa alam langka GMT di sejumlah area yang dilintasi. Area-area tersebut adalah Palembang – Sumatera Selatan, Bangka dan Belitung, Palangkaraya dan Sampit – Kalimantan Tengah, Balikpapan – Kalimantan Timur, Palu dan Poso – Sulawesi Tengah.

Kualitas jaringan XL di area-area tersebut cukup baik. Semuanya sudah terlayani dengan 3G, dan bahkan di Palembang sudah terlayani 4G LTE.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year