telkomsel halo

XL Prioritas Bisa Goyang Kartu Halo dari Telkomsel?

10:07:47 | 30 Jan 2016
XL Prioritas Bisa Goyang Kartu Halo dari Telkomsel?
Pelanggan tengah menggunakan layanan seluler (dok)
JAKARTA (IndoTelko) –  Pelanggan pasca bayar bagi operator seluler adalah segmen premium.

Walau memiliki kontribusi ke total pendapatan tak besar, namun segmen ini memiliki keunggulan di sisi kepastian pasokan pendapatan.

Berbeda dengan di luar negeri, Indonesia kadung menjadi negara prabayar ketimbang pasca bayar. Biasanya di setiap operator pengguna prabayar bisa mendominasi sekitar 90% dari total pelanggan.

Penguasa pasar pasca bayar hingga Sembilan bulan pertama 2015 adalah Telkomsel. Anak usaha Telkom ini memiliki 3,212 juta pelanggan dengan Average Revenue Per User (ARPU) Rp 165 ribu. Pendapatan Telkomsel dari segmen ini di periode yang berakhir September 2015 sekitar Rp 4,24 triliun.

Bisa dikatakan, Telkomsel satu-satunya operator dalam tiga tahun belakangan yang mampu terus menggenjot jumlah pelanggan pasca bayarnya. (Baca juga: Pasca Bayar Telkomsel)

Telkomsel mengandalkan produk Halo My Fit Plan untuk menggoda pelanggan pasca bayar dan terlihat lumayan ampuh dimana bisa menambah 3,2 juta pelanggan baru.

Seperti terinspirasi dari Telkomsel, XL Axiata baru saja melepas produk XL Prioritas. Sepertinya konsep ATM alias Amati, Tiru, Modifikasi dilakukan dengan baik oleh anak usaha Axiata ini dalam menggoyang Kartu Halo. (Baca juga: XL Prioritas)

Lantas bagaimana reaksi Telkomsel?  “Saya belum tahu detil dari penawaran produk kompetitor itu. Bagi kami hal yang biasa paket penawaran ke pelanggan atau kampanye pemasaran ditiru. Kita kan penguasa pasar,” seloroh VP Marketing Communication Telkomsel Nirwan Lesmana kepada IndoTelko dalam perbincangan singkat, kemarin.

Dikatakan Pria yang hobi olahraga lari ini, bahkan belakangan untuk iklan 4G pun kampanye milik Telkomsel ditiru oleh salah satu kompetitor. “Anda amati saja itu iklan 4G. warna sih boleh sama-sama merah, tapi yang paling Merah Putih tentu Telkomsel,” tegasnya.

VP Brand Management XL Axiata Riza Rachmadsyah menegaskan prioritas diperuntukkan bagi pelanggan prabayar XL. “Tahun ini fokus kami adalah high value subscriber. Tak jamannya perang-perangan tarif Bos! Kita perang kualitas layanan saja,” katanya.

Menurut Pria yang gemar tampil dengan kepala plontos ini, kunci sukses dari XL Prioritas adalah konsistensi terhadap penawaran yang diberikan ke pelanggan. “Kalau konsisten, pelanggan tak pindah. Kalau tergoda membuat prabayar lebih menarik dari pasca bayar, bubar jalan,” pungkasnya.(dn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year