telkomsel halo

Wuih, XL Saingi Data Center TelkomSigma di Balikpapan

08:58:36 | 13 Nov 2015
Wuih, XL Saingi Data Center TelkomSigma di Balikpapan
Ongki Kurniawan (kiri) kala memeriksa fasilitas data center di Balikpapan (dok/XL)
BALIKPAPAN (IndoTelko) – Pertarungan di bisnis data center kian seru seiring tingginya adopsi cloud computing di Tanah Air.

Kali ini pertarungan yang disajikan antara XL Axiata dan TelkomSigma. XL telah membangun layanan Data Center di Balikpapan untuk mengantisipasi tingginya pertumbuhan bisnis di Pulau Kalimantan.

TelkomSigma sejak 2014 telah berencana membangun fasilitas yang sama di Balikpapan seluas 40.000 meter persegi. Sayangnya, hingga sekarang tak ada perkembangan dari rencana tersebut. (Baca juga: TelkomSigma Kuasai Bisnis Data Center

“XL memilih membangun Data Center di Kalimantan sebagai respon atas kebutuhan berbagai kalangan terhadap fasilitas penyimpanan data berstandar internasional dengan kualitas layanan yang maksimal,” ungkap Direktur Digital Services XL, Ongki Kurniawan dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Ongki menyebut, Data Center baru ini akan mulai beroperasi secara penuh pada akhir tahun 2015. Data Center Balikpapan merupakan Data Center modular pertama di Kalimantan yang melayani publik.

Beberapa keunggulan Data Center modular ini antara lain tetap mempertahankan prinsip zero downtime, terletak di daerah khusus, dan tersedianya pasokan listrik yang cukup besar untuk pelanggan-pelanggan XL nantinya.

Produk yang ditawarkan meliputi antara lain penyewaan rak, penyewaan space, dan juga Managed Service.

Menurut Ongki, XL sengaja membangun Data Center Balikpapan dengan konsep modular karena memang konsep ini cocok dengan pasar Balikpapan. Dari total 661 meter persegi tanah yang tersedia, untuk tahap awal, XL hanya membangun Data Center seluas 115 meter persegi.

Bangunan Data Center ini dapat menampung 14 rak dan dijadwalkan mejadi data center yang netral sebelum Juni 2016.

Disamping Data Center Balikpapan, XL  melalui Divisi XCloud, saat ini telah memiliki tiga Data Center yang dapat dipergunakan oleh publik di seluruh Indonesia. Ketiga Data Center tersebut berlokasi di Arengka-Pekanbaru, Bintaro-Jakarta, dan Kali Rungkut-Surabaya.

Secara total, XL telah menyiapkan lahan seluas 17.456 meter persegi dan space seluas 21.655 meter persegi untuk mendukung bisnis data center.

XL XCloud saat ini telah melayani lebih dari 200 korporasi dan merupakan salah satu unit bisnis di XL Digital Services dengan peningkatan pendapatan lebih dari dua kali lipat per tahunnya.

Saat ini XL Data Center merupakan Data Center pertama di Indonesia yang memiliki sertifikasi internasional ISO/IEC 27001 untuk Information Security Management, ISO/IEC 20000-1 untuk Information Technology Service Management, Uptime TIER III Design, dan juga dilengkapi dengan sertifikat nasional MAWAS ID yang dikeluarkan oleh lembaga lokal Cloud Security Identity yang terafiliasi dengan Universitas Indonesia.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year