telkomsel halo

Smartfren Terus Lancarkan Psywar di 4G

11:20:40 | 12 Nov 2015
Smartfren Terus Lancarkan Psywar di 4G
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Penataan ulang frekuensi 1.800 MHz yang telah memasuki babak final oleh Telkomsel, Indosat, XL Axiata, dan Tri Indonesia, menjadikan PsyWar di layanan 4G mulai memanas.

Simak aksi dari Smartfren yang kembali menguji jaringan 4G-LTE Advanced dan agregasi kanal dengan rute Jakarta, Serpong, dan Bogor.

Kegiatan uji jaringan ini seperti pesan yang ingin disampaikan ke empat pemain GSM bahwa Smartfren  siap bertempur di daerah gemuk secara komersial dengan operator papan atas itu dalam menggelar 4G.

Empat pemain GSM sendiri telah menyatakan langsung menggelar 4G LTE di 1.800 MHz untuk Jabodetabek pasca tata ulang frekuensi selesai yakni awal Desember mendatang.

“Smartfren terus memaksimalkan kesiapan jaringan 4G LTE Advanced di kota Jabotabek pada uji jaringan ini. Sehingga diharapkan nantinya performa 4G LTE Advanced Smartfren dapat tampil maksimal untuk melayani masyarakat,” kata Head of Network Special Project Smartfren Munir S.P. kemarin.

Tak cukup menguji jaringan, Smartfren juga menebar kemampuan uji coba VoLTE.  Kabarnya, awal 2016, VoLTE Smartfren akan melenggang ke pasar.  

“Minimal kuartal pertama 2016, VoLTE Smartfren bisa segera hadir. Selain memberikan layanan suara juga 4G HD video,” ungkap Chief Technology Officer Smartfren Christian Daigneault.     

Kelebihan dari VoLTE Smartfren antara lain call setup yang lebih cepat serta suara yang dihasilkan lebih jernih dan lebih baik dari layanan menggunakan jaringan 3G.

Sayangnya, persoalan handset masih jadi kendala dalam gelaran layanan VoLTE Smartfren ini. Tidak semua smartphone memiliki chipset yang mendukung voLTE.

Sampai sekarang baru chipset besutan Qualcomm saja yang mendukung layanan ini seperti yang ada di Samsung Galaxy Note 4, Galaxy Note 5 dan iPhone 6.

Saat ini boleh saja Smartfren pamer layanan 4G, tetapi bagaimana nanti kala pertempuran sesungguhnya terjadi pada Desember mendatang? Kita lihat saja nanti.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year